Memandang Pujian Dan Cacian

Sifat dasar manusia adalah menyenangi pujian walapun dia tidak pantas untuk pujian tersebut & membenci cacian walaupun cacian tersebut pantas dia sandang.

Maka cara agar terbebas dari sifat dasar ini, yang jelas-jelas tidak terpuji, menurut orang yang ikhlas adalah: menyamakan (orang ikhlas ini) antara pujian & cacian, antara orang yang memuji & orang yang mencaci.

Terkadang menyenangi pujian & membenci cacian, hukumnya mubah & terkadang haram, bergantung sandaran & sebab atas pujian & cacian tersebut.

Terkadang menyenangi pujian & membenci cacian dari sisi...lisan makhluk adalah pena ketentuan ALLAH (anggapan manusia pada dirinya menggambarkan bagaimana ALLAH pada dirinya)...maka dia senang ketika dipuji karena dia melihat dari sisi ALLAH SWT yang menyenangi dirinya sesuai dengan pujian manusia tersebut,berharap kebaikan dari sisi ALLAH SWT atas dirinya, begitu-pun dia tidak menyenangi cacian manusia karena melihat ALLAH SWT juga tidak menyenanginya sesuai dengan tidak senangnya manusia padanya, dia takut ALLAH akan memberikan adzab padanya kelak di-akhirat...

Habib Abdullah bin 'Alwi Al-Haddad kitab An-nafaaisul 'Ulwiyyah hal 115...

Facebook

Spotify

Youtube Channel