Kumpulan Kata-Kata Hikmah Mutiara 24 November 2014

Jikalau engkau ingin dijauhkan dari ujian, diluaskan rezekinya serta dinaikkan derajatnya, maka janganlah engkau meninggalkan shalat berjama'ah. (Al-Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid ra)


Dahulu aku berdo'a agar kelak aku bisa hidup dengan orang yang aku cintai. Setelah lama, maka kuubah do'aku: 'aku ingin bisa mencintai orang-orang yang hidup bersamaku.' (Ahli Hikmah)

Dua kenikmatan yang banyak manusia terlena didalamnya, yaitu: kesehatan dan kesempatan.
(Ahli Hikmah)

Seseorang tidak berbohong kecuali karena kehinaan dirinya sendiri. ((Ahli Hikmah)

Temanmu adalah ia yang mengarahkanmu, bukan yang selalu membenarkan semua perbuatanmu. (Ahli Hikmah)

Janganlah pernah engkau belajar ilmu sebelum engkau belajar adab. (Ahli Hikmah)

Janganlah engkau menilai dirimu ada sesuatu yang lebih baik dari orang lain. (Ahli Hikmah)

Tidak ada kenikmatan kecuali didahului dengan kepayahan. (Ahli Hikmah)

Kesabaran itu penolong segala pekerjaan. (Ahli Hikmah)

Coba dan perhatikanlah, niscaya engkau akan menjadi orang yang tahu. (Ahli Hikmah)

Orang hebat tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan dan ketenangan. Namun mereka dibentuk melalui kesukaran, tantangan dan air mata. (Ahli Hikmah)

Ingatlah, bahwa bukan beban kehidupan yang memberatkan dan menyedihkan hatimu, namun caramu dalam memikulnya. (Ahli Hikmah)

Jikalau anda gagal, berarti anda semakin menghampiri kejayaan. (Ahli Hikmah)

Sebaik-baik dari suatu urusan adalah akhirnya. (Ahli Hikmah)

Janganlah engkau tangisi orang-orang yang telah mati, tapi tangisilah orang-orang yang telah kehilangan akalnya. (Ahli Hikmah)

Ketika kalian melihat seseorang mencari-cari dosa orang lain dan meributkannya namun melupakan dosa sendiri, maka ketahuilah bahwa orang tersebut tengah berada dalam hukuman Allah SWT. (Ahli Hikmah)

Janganlah engkau menyibukkan hati kalian dengan duka cita masa lalu, karena dengan itu kalian akan kehilangan keceriaan dan kebahagiaan di masa depan. (Ahli Hikmah)

Jika anda berhenti berusaha, maka istilah cita-citamu dan tak akan adalagi harapan bagimu. Janganlah anda berputus asa dan buktikanlah kalau anda bisa. (Ahli Hikmah)

Orang yang berjaya adalah orang yang senantiasa mencari peluang. Adapun orang yang gagal adalah mereka yang selalu mencari alasan. (Ahli Hikmah)

Keberanian adalah pilihan yang lebih baik, karena kehidupan penakut selalu redup dan penuh pengerdilan. (Ahli Hikmah)

Kita tidak boleh berlama-lama bernafas dalam kekhawatiran dan perasaan tertinggal. 
(Ahli Hikmah)

Jika engkau tidak memiliki apa yang engkau sukai, maka sukailah apa yang engkau miliki saat ini. (Ahli Hikmah)

Hidup ini bagaikan mimpi, seindah apapun, namun begitu bangun semuanya sirna tak berbekas. (Ahli Hikmah)

Ketahuilah, bahwa kita adalah penguasa hidup kita sendiri. (Ahli Hikmah)

Jika kita punya niat baik, maka Allah SWT akan selalu memberikan jalan kepada kita. 
(Ahli Hikmah)

Tak ada gunanya mencari ratusan alasan mengapa anda tidak bisa, namun temukanlah stau saja alasan mengapa anda pernah bisa. (Ahli Hikmah)

Kegagalan dalam kemuliaan lebih baik daripada kejayaan dalam kehinaan. (Ahli Hikmah)

Akal itu adalah penasehat, sedangkan harta adalah seorang tamu yang akan berangkat. 
(Ahli Hikmah)

Janganlah sekali-kali kita meremehan sesuatu perbuatan baik walaupun hanya sekedar senyuman. (Ahli Hikmah)

Hidup itu tak selalu indah, namun yang indah tetap hidup dalam sebuah kenangan. (Ahli Hikmah)

Setiap yang kita lakukan biarlah jujur, karena kejujuran itu sangatlah penting dalam sebuah kehidupan. (Ahli Hikmah)

Hati yang terluka laksana besi yang bengkok, walaupun berusaha untuk diluruskan, namun tetap sukar untuk kembali kepada bentuk asalnya. (Ahli Hikmah)

Apabila engkau berbuat kebaikan, maka sembunyikanlah. Namun apabila seseorang membuat kebaikan kepadamu, maka hendaklah engkau sebarkan. (Ahli Hikmah)

Ikhlaslah menjadi diri sendiri agar hidup penuh dengan ketenangan dan kenyamanan. Ketahuilah, bahwa hidup tanpa pegangan, ibarat buih dilautan, suatu saat pasti akan hancur berserakan. 
(Ahli Hikmah)

Tidak ada manusia suci yang tidak mempunyai masa lalu dan tidak ada manusia yang berdosa yang tidak memiliki masa depan. (Ahli Hikmah)

Tidak akan ada kebahagiaan yang sempurna jika tak bisa untuk saling melengkapi. (Ahli Hikmah)

Barangsiapa yang mencari kemuliaan tanpa disertai kesungguuhan, maka ia telah menyia-nyiakan umurnya dalam mencari hal yang mustahil. (Ahli Hikmah)

Dunia ini laksana lautan yang luas. Kita adalah kapal yang berlayar, seandainya kita adalah iman dan layarnya adalah takwa, maka kita akan selamat dari kesesatan lautan kehidupan ini. 
(Ahli Hikmah)

Tidak ada simpanan yang lebih berguna daripada ilmu, tidak ada sesuatu yang lebih berharga daripada adab, tidak ada kawan yang lebih bagus daripada akal dan tidak ada hal ghaib yang lebih dekat daripada kematian. (Ahli Hikmah)

Lisan itu ibarat sebuah obat, apabila engkau gunakan sedikit daripadanya, maka akan memberikan manfaat, namun jika digunakan terlalu banyak, maka akan membahayakanmu. (Ahli Hikmah)

Jikalau engkau sedikit berdzikir di dunia, niscaya sedikit pula kesempatanmu untuk memandangNya dan kedekatanmu kepadaNya di akhirat kelak. (Ahli Hikmah)

Seseorang yang istimewa itu bukanlah yang selalu didepan mata, bukan juga yang senantiasa di sisi kita, tapi ia yang setia dan selalu mengingatkan kita dalam setiap lantunan do'anya. (Ahli Hikmah)

Kebahagiaan bukanlah terletak pada kemudahan dan kekayaan, namun terdapat dan dirasakan jiwa pada perjuangan serta ujian demi mewujudkan sebuah kebaikan. (Ahli Hikmah)

Ada empat hal yang bisa mengangkat seseorang hamba menuju kedudukan tertinggi, meskipun kapasitas amal dan keilmuannya sedikit, yaitu: kemurahan hati, rendah hati, kedermawanan, serta budi pekerti yang luhur. (Ahli Hikmah)

Cacian yang membuat seseorang itu akan sadar diri, jauh lebih baik daripada sebuah pujian yang akan membuat orang lupa diri. (Ahli Hikmah)

Segala sumber daya yang berguna, merupakan pusaka yang pantas untuk dihargai dan disayangi. (Ahli Hikmah)

Jikalau kalian berbesar hati dan berfikir positif, maka cita-cita pun akan berhasil. (Ahli Hikmah)

Jikalau kalian tidak ingin direndahkan, maka janganlah merendahkan dan berbaik hatilah kepada siapapun, niscaya Allah SWT akan selalu memberikan kebaikan-Nya untukmu. (Ahli Hikmah)

Seseorang tergantung kepribadian sahabatnya, oleh karena itu hendaknya seorang dari kalian melihat dengan siapa ia berteman. (Ahli Hikmah)

Hidup ini terlalu singkat untuk mencemaskan hal-hal yang kecil, nikmatilah apa-apa yang kita miliki hari ini dan janganlah memikirkan apa-apa yang belum tentu kita miliki esok hari. (Ahli Hikmah)

Marilah kita memulai dari hal kecil yang bisa kita mulai. Dari apa yang terdekat dengan kita, dari yang termudah dan dari hal yang bisa kita lakukan. (Ahli Hikmah)

Cinta itu tidaklah membutuhkan alasan. Jikalau cinta membutuhkan alasan, maka ketika alasan itu hilang, maka cintapun juga akan hilang bersamanya. (Ahli Hikmah)

Jikalau hati memiliki lisan, niscaya ia akan mampu mengucapkan ribuan kata-kata yang tidak terucap oleh lidah. Ketahuilah, sesuatu yang berasal dari hati akan sampai ke hati pula. 
(Ahli Hikmah)

Berharap kepada yang tak mampu setia, hanya akan menghasilkan penyesalan dan kekecewaan. 
(Ahli Hikmah)

Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu kebaikan. Janganlah menjadi orang tua tua yang masih melakukan sesuatu yang seharusnya bisa dilakukan di saat muda. (Ahli Hikmah)

Wanita yang cantik tanpa didasari pribadi yang mulia, ibarat kacamata yang being dan bersinar, namun tidak bisa melihat apa-apa. (Ahli Hikmah)

Sikap itu lebih fasih ucapan. (Ahli Hikmah)

Belajarlah mengalah sampai tak seorangpun mengalahkanmu. Belajarlah merendah sampai tak seorangpun merendahkanmu. Belajarlah sabar sampai Allah SWT mengangkat derajatmu.
  (Ahli Hikmah)

Ajal Semakin dekat, angan-angan semakin jauh, sedangkan amal perbuatan masih buruk. Ketahuilah, bahwa kubur itu merupakan salah satu diantara taman surga atau lubang neraka
 (Ahli Hikmah)

Anda bisa menunda untuk berubah karena banyaknya urusan, namun hidup tak akan pernah menunda urusannya untuk menunggu anda berubah.
(Ahli Hikmah)

Utarakanlah semua keinginanmu dalam hamparan do'amu, lalu biarkanlah Allah SWT yang memberikan semua kebutuhanmu. Ingatlah, bahwa tidak semua keinginanmu adalah kebutuhanmu
 (Ahli Hikmah)

Barangsiapa yang mencari keridhaan Allah SWT, maka engkau harus ridha dengan kententuan-Nya, sabar terhadap ujian-Nya, menerima apa adanya dan bersyukur dalam setiap keadaan. 
  (Ahli Hikmah)

Aku memiliki dua mata yang tak selalu melihatmu. Aku memiliki dua tangan yang tak selalu bisa menyentuhmu. Aku memiliki dua kaki yang tak selamanya bisa berjalan bersamamu. Namun aku memiliki hati yang akan selalu mengingatmu dan menyayangimu.
. (Ahli Hikmah)

Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Dalam kesempitan hidup ada keluasan ilmu.
(Ahli Hikmah)

Tidak ada harga atas waktu, namun waktu sangatlah berharga. Memiliki waktu tidaklah menjadikan kita kaya, namun menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan.
(Ahli Hikmah)

Indahnya apabila kita bisa saling menasehati dalam kebaikan dan tidak keras hatinya dalam menerima nasehat. Bukankah sahabatmu yang menasehatimu adalah sahabat yang sayang kepadamu, sehingga ia menginginkan kebaikan bagimu. Adapun sahabat yang membiarkanmu dalam kesalahan tanpa menasehatimu adalah sahabat yang telah menipumu.
(Ahli Hikmah)

Sahabat yang istimewa bukanlah yang selalu didepan mata dan bukan pula yang senantiasa berada di sisi kita. Namun sahabat yang istimewa adalah yang setia didalam hati dan selalu mengingat kita dalam setiap do'a, serta saling menasehati atau mengingatkan kita dalam kebaikan.
(Ahli Hikmah)

Terkadang suatu kebaikan itu kita terima bukan dari orang yang berada didekat kita. Justru terkadang kebaikan itu datang dari arah yang tidak disangka-sangka, bahkan jauh dari kita, tentunya dengan melalui perantara Allah SWT.
(Ahli Hikmah)

Betapa banyak pepohonan , namun tidak semuanya berbuah. Betapa banyaka keilmuan, namun tak semuanya memiliki sifat wara' dalam mengamalkan ilmunya.
(Ahli Hikmah)

Duduk dengan orang-orang bodoh merupakan penyebab diantara penyakit akal dan merupakan kemerosotan dari tahta kemuliaan, serta merupakan sebuah bentuk kebodohan.

Oleh sebab itu, pilihlah teman duduk yang ucapannya dapat memberikan manfaat bagimu dan pandangannya bisa menghiasi hatimu.
(Ahli Hikmah)

Hidup memerlukan sebuah pengorbanan. Pengorbanan memerlukan perjuangan.Perjuangan memerlukan Ketabahan. Ketabahan memerlukan keyakinan. Keyakinan inilah yang menentukan kejayaan. Sedangkan kejayaan akan menentukan sebuah kebahagiaan 
(Ahli Hikmah)

Tetaplah tenang dalan menjalani hidup. Karena setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya. Hiburlah hatimu dengan mengatakan "Hidup adalah anugerah terindah yang aku miliki." janganlah pernah engaku menuduh bahwa kehidupan tak pernah adil. Karena rasa keadilam dimata Allah SWT berbeda dengan pandangan adil menurut manusia

ketika kita bangun di pagi hari , kita memiliki dua pilihan sederhana. Kembali tidur dan bermimpi ataukah bangun dan mengejar mimpi. Pilihan tersebut sepenuhnya milikmu. Waktu laksana sungai, engkau tidak bisa menyentuh air yang sama untuk kedua kalinya, karena air yang mengalir akan terus berlalu dan tidak akan pernah kembali.

oleh karenanya, raihlah kesempatan dan gunakanlah sebaik-baiknya.
(Ahli Hikmah)

Janganlah engkau menghitung daun-daun yang berguguran di taman, namun hitunglah bunga-bunga yang indah bermekaran setiap pagi. Janganlah engkau hitung-hitung harimu dengan air mata yang menetes di pipi, namun hitunglah senyuman-senyuman yang terlukis di wajahmu. Janganlah engkau menjalani hari dengan menghitung cobaan-cobaan yang engkau alami, namun hiduplah dengan berkah dan anugerah yang sudah engkau terima dari Tuhan dalam hidupmu. Wahai saudaraku, belajarlah bersyukur atas apa yang engkau miliki sekarang.
(Ahli Hikmah)

Berfikirlah hari ini untuk hari esok yang lebih baik, karena waktu sangatlah berharga untuk memikirkan sesuatu. Berfikirlah positif, karena hal itu akan menjadi motivasi terkuat dalam diri dan hidup kita. Janganlah pernah berfikir negatif, karena hal itu akan menjadi penghamabat setiap rencana kita. Namun fikirkanlah dampak terburuk dari apa yang akan kita lakukan, agar kita selalu berhati-hati dalam bertindak.
(Ahli Hikmah)

Terkadang manusia hanya bisa merangkai angan-angan, namun bagaimanapun keadaaanya, tentu Allah SWT jualah yang merangkaikan rencananya. Allah SWT Maha Menguasai semua hajat hamba-Nya. Manusia lebih banyak meluangkan waktunya untuk memperpanjang angan-angan, namun mereka lupa bahwa ada Allah SWT, Sang Maha Kuasa yng Maha memegang segala rencana serta sesuatu yang tidak kita ketahui awal dan akhirnya. Berserah diri adalah hal yang paling sederhana untuk kita lakukan dalam setiap langkah kehidupan.
(Ahli Hikmah)

Seorang Arif nan bijak merenung tentang kunci sukses kehidupan hingga langit-langit kamar pun berpesan "Bercita-citalah setinggi mungkin."Cermin pun berkata : "berkacalah sebelum bertindak"
Kalender meja berbisik : "Janganlah menunda pekerjaanku hingga hari esok" Pintu pun berteriak : ' Dorong yang keras, pergilah mencari kehidupan yang cerah dan ceria. Namun yang terpenting dari segalanya adalah pesan dari karpet pelapis lantai yang mengatakan: "berlutut, sujud dan berdoalah kepada tuhanmu. Dekatkanlah hatimu kepada Allah SWT , karena Allah SWT adalah yang menciptakan langit dan bumi. Tiada sesuatu yang pantas engkau gapai di dunia ini tanpa keridhoannya.
(Ahli Hikmah)

Berterima kasihlah kepada orang yang telah melukai hatimu, karena ia telah membuat hatimu kuat.
Berterima kasihlah kepada orang yang telah membohongimu, karena ia membuat hidupmu semakin bijaksana. Berterima kasihlah kepada orang yang membencimu, karena ia yang akan mengasah ketegaranmu. Berterima kasihlah kepada orang yang telah menyayangimu, karena itulah anugerah terindah dalam hidupmu
(Ahli Hikmah)

Jika semua yang kita kehendaki terus kita miliki, dari mana kita akan belajar ikhlas?
Jika semua yang kita impikan segera terwujud, dari mana kita akan belajar sabar?
Jika setiap do'a yang kita terus dikabulkan, bagaimana kita dapat belajar berusaha dan berikhtiar?
Seorang yang dekat dengan Allah SWT, bukan berarti tidak ada air mata.
Seorang yang taat kepada Allah SWT, bukan berarti tidak ada kekurangannya.
Seorang yang tekun berdoa, bukan berarti tidak ada masa-masa sulit.
Biarkanlah Allah SWT yang berkehendak sepenuhnya atas hidup kita, karena Allah SWT tahu yang tepat untuk memberikan sesuatu yang terbaik.
(Ahli Hikmah)

Ketika kerja kerasmu tidak dihargai, maka saat itu engkau sedang belajar tentang ketulusan.
Ketika usahamu dinilai tidak penting, maka saat itu engkau sedang belajar keikhlasan.
Ketika hatimu terluka sangat dalam, maka saat itu engkau sedang belajar tentang memaafkan.
Ketika engkau lelah dan kecewa, maka saat itu engkau sedang belajar tentang kesungguhan.
Ketika engkau merasa sepi dan sendiri, maka saat itu engkau sedang belajar tentang ketangguhan.
Ketika engkau harus membayar biaya yang sebenarnya tidak perlu engkau tanggung, maka saat itu engkau sedang belajar tentang kemurah hatian.
Maka dari itu, tetaplah semangat, sabar dan tersenyum. Karena engkau sedang menimba ilmu di universitas kehidupan.
Ketahuilah, bahwa Allah SWT menaruhmu di tempatmu yang sekarang bukan karena kebetulan.
Ingatlah, bahwa orang hebat tidaklah dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan dan kenyamanan.
Mereka telah dibentuk melalui kesukaran, tantangan dan air mata.
(Ahli Hikmah)

Barangsiapa yang merasa sukses dalam menempuh jalan, maka sebenarnya ia telah merusak jalan perjuangannya di masa lalu. (Al-'Allamah Prof.Dr. As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani ra)


Facebook

Spotify

Youtube Channel