Do'a Agar Amalan Diterima Oleh Allah SWT & Do'a Berserah Diri

Do'a Agar Amalan Diterima Oleh Allah SWT

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

RABBANAA TAQABBAL MINNAA, INNAKA ANTAS SAMI'UL 'ALIMU
Ya Tuhan kami terimalah (amalan) daripada kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. 
(Qs. Al-Baqarah:127)

Penjelasan:
Do'a ini menjelaskan bahwa segala amalan yang dikerjakan oleh Nabi Ibrahim AS. dipersembahkan semata-mata hanya untuk Allah. Nabi Ibrahim menyebutkan dua sifat Allah, yaitu Maha Mendengar bahwa Allah mendengar do'a hambaNya dalam arti diterima oleh Allah dan Maha Mengetahui segala alasan dari do'a yang dipanjatkan.

Do'a Berserah Diri

رَبَّنَا وَٱجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَآ أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِيمُ

RABBANAA WAJ'ALNAA MUSLIMAINI LAKA WA MIN DZURRIYYATINAA UMMATAM MUSLIMATAL LAKA, WA ARINAA MANAASIKANAA WATUB 'ALAINAA, INNAKA ANTAT TAWWAABUR RAHIMU


Ya Tuhan, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada-Mu, dan jadikanlah pula anak turunan kami umat yang tunduk patuh kepada-Mu. Tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, serta terimalah taubat kami. Sungguh Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
(Qs. Al-Baqarah: 128)

Penjelasan:
Dalam Al-Qur'an dijelaskna doa ini di baca oleh orang-orang muslim yang tulus setelah selesai melaksanakan ibadah haji. Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan do'a ini mengandung seluruh kebaikan di dunia dan akhirat serta menghindarkan dari segala kejelekan. Oleh karena baik sekali doa ini dibaca pada setiap kesempatan.

Facebook

Spotify

Youtube Channel