BAGAIMANA NABI SAW BERJABAT TANGAN


Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, "Bahwa tidak pernah tangan Rasulullah SAW dipegang oleh seseorang lantas beliau melepaskan tangan beliau sampai orang itu sendiri yang melepaskannya. Kedua lutut beliau – atau lutut beliau – pun tidak pernah terlihat lebih menonjol dari lutut orang yang duduk dengan beliau. Dan tidaklah seseorang berjabat tangan dengan beliau melainkan beliau menghadapkan wajah beliau kepada orang itu dengan sepenuhnya, kemudian beliau tidak akan memalingkan wajah beliau darinya sampai orang itu selesai berbicara."

H.R ath-Thabari dan al-Bazzar.


Sering terjadi dimasyarakat kita, jika mereka berjabat tangan mereka tidak saling menghadap, terkadang pelakunya adalah para agamawan. Seperti guru terhadap santri, mursyid terhadap jama'ahnya, bos terhadap pegawainya dll. 


Kalau mereka merasa bahwa dirinya lebih mulia dari orang yang ingin berjabat tangan dengannya hendaknya ia mengingat bahwa kemulian Rasulullah SAW tidak bisa dibandingkan dengn kemuliaan manusia manapun.

Namun Nabi tetap menjaga akhlaq yang baik tidak pernah menyinggung perasaan siapa pun.  Tataplah wajah orang yang berjabat tangan pada kita, belajarlah tersenyum untuk menyenangkan hati Rasulullah karena kita menghargai umat-nya. 


صلوا على رسول الله...


Dan Rasulullah tidak pernah berjabatan tangan dengan wanita yang tidak halal bagi beliau.....kalau kita liat sebagian orang berjabatan tangan dengan wanita dengan dalil HATINYA BERSIH....... ALHABIB ZEIN BIN IBRAHIM BIN SMAITH Hafidhohullah.... mengomentari hal ini, beliau berkata..... apakah kalian tidak sadar yang kalian lakukan ini tidak dilakukan RASULULLAH SAW. Apakah kamu beranggapan bahwa hatimu lebih bersih dari hati BELIAU SAW???Ketahuilah bahwa hati kalian MIN ANJAASIL QULUUB (paling najisnya hati)... kalau kalian menganggap lebih bersih dari RASULULLAH SAW...fahamilah

Facebook

Spotify

Youtube Channel