Maqola Al-Habib Abdulqodir bin Ahmad Bilfaqih

Al-Habib Abdulqadir bin Ahmad Bilfaqih

 Habib Abdulqodir bin Ahmad Bilfaqih berkata:
يا أولادي وجهوا همكم في العلم، قد كنت في أيام طلبي للعلم تركت الأصحاب والإخوان حتى الأقارب
"Wahai anak-anakku: Fokuskan benar-benar semangat kalian pada ilmu.
Dahulu kala disaat aku menentut ilmu, aku tinggalkan sahabat, saudara bahkan kerabat."
.
.
Telah digariskan dalam syariat agama, bahwa tidaklah dinamakan mengagungkan ilmu apabila tidak memuliakan ahli ilmu.
Hal ini benar-benar disemayamkan dalam lubuk hati beliau.
.
.
Pernah pada suatu ketika disaat menuntut ilmu pada salah seorang gurunya, beliau ditegur dan diperingatkan, padahal beliau dipihak yang benar.
Setelah gurunya memahami dan mengetahui kalau muridnya benar, maka gurunya meminta maaf.
.
.
Namun beliau berkata:
"Meskipun saya benar, andaikan paduka memukul mukaku dengan sepasang sandal paduka, tak ada rasa tidak menerima sedikitpun."
.
.
Itulah salah 1 contoh keteladanan yang tinggi bagaimana seharusnya seorang murid bersopan santun kepada gurunya.
.
.
Kenyataan diatas sejalan dengan perkataan Sayyidina Ali bin Abi Tholib:
أنا عبد من علمني ولو حرفا واحدا
"Aku adalah seorang budak sahaya dari seorang yang pernah mengajariku meski hanya satu huruf."
.
.
Dan sebagian ulama mengatakan:
لولا المربي ما عرفت ربي
"Sekiranya tidak ada guru niscaya aku tak mengenal Tuhanku."

Facebook

Spotify

Youtube Channel