Pertunjukkan Menarik Di Depan Pintu Rumah Rasulullah SAW


Pertemuan Habib Ali Jufri keturunan Sayyidina Ali dan Syeikh Zahid Sultani keturunan Sayyidina Abu Bakr.. Dicatat dalam Kitab Sunan Ad-Darimi, diriwayatkan daripada Sayyidina Abu Hurairah RA, bahwa Sayyidina Abu Bakr RA dan Sayyidina 'Ali RA tiba di hadapan pintu kediaman Nabi Muhammad SAW.

Sayyidina Abu Bakr berkata: " 'Ali, kamu masuk dahulu." Sayyidina 'Ali menjawab: "Silahkan masuk sebelum diriku. Aku tidak akan membelakangi seorang yang telah disabdakan Rasulullah SAW bahwa, matahari tidak terbit dan terbenam atas manusia yang lebih baik daripada Abu Bakr."

Sayyidina Abu Bakr lalu berkata: "Bagaimana dapat aku mendahului seorang yang telah disabdakan Rasulullah SAW, 'sebaik-baik wanita (yakni Sayyidatina Fatimah RA) telah diberikan kepada sebaik-baik lelaki.' "

Ujar Sayyidina 'Ali : "Aku tidak akan masuk sebelum seorang yang dikatakan Rasulullah SAW bahwa pada Hari Penghisaban suatu seruan daripada Allah 'Azza wa Jalla berbunyi, 'Wahai Abu Bakr! Kamu dan mereka yang mencintaimu memasuki Jannah!' "

Sayyidina Abu Bakr berkata lagi: "Aku takkan masuk sebelum kamu sebab kamu akan bangkit hadir pada Hari Penghisaban dan akan dikatakan bahawa 'dia (Sayyidina 'Ali) adalah lelaki yang baik, saudara yang baik dan ayah yang baik.' "

Kemudian berkata Sayyidina 'Ali: "Aku takkan pernah masuk sebelummu apabila Rasulullah SAW bersabda: 'Jika Iman Abu Bakr diletakkan di suatu sisi timbangan, dan iman seluruh ummah di sisi lainnya, maka iman Abu Bakr lebih berat lagi.' "

Sayyidina Abu Bakr membalas: "Aku tidak boleh mendahului seseorang yang Rasulullah SAW berkata pada Hari Penghisaban, 'Ali akan datang bersama isterinya Fatimah RA, bersama dua anak mereka menunggang unta, dan manusia akan bertanya, 'Siapakah ini wahai Rasulullah SAW?' dan jawaban yang akan diberikannya, 'Inilah orang-orang yang Allah cintai.'

Kemudian Sayyidina Ali menjawab: " Mana mungkin aku mendahuluimu ya Abu Bakr sedangkan Allah SWT telah berfirman
وَالَّذِي جَاءَ بِالصِّدْقِ وَصَدَّقَ بِهِ أُولَئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ
"Dan orang yang datang membawa kebenaran, dan orang yang membenarkannya. mereka itu adalah orang-orang yang bertakwa." (QS. Az-Zummar:33)

 Kemudian Sayyidina Abu Bakr membalas: "Mana mungkin aku mendahuluimu ya Ali sedangkan Allah SWT juga telah berfirman.
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْرِي نَفْسَهُ ابْتِغَاءَ مَرْضَاةِ اللَّهِ وَاللَّهُ رَءُوفٌ بِالْعِبَادِ
"Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya untuk mencari keridhaan Allah. Dan Allah Maha penyantun kepada hamba-hamba-Nya." (Qs. Al-Baqarah: 207)

Pada waktu keduanya sedang asik memperbincangkan keutamaan rekannya, datang malaikat Jibril Alaihissalam mengunjungi Rasulullah, kemdian berkata: "Ya Rasulullah di depan pintumu ada Ali dan Abu Bakr yang hendak menemuimu, jemputlah keduanya"

Maka Rasulullah SAW bangkit dari tempat duduknya bergegas membukakan pintu dan menyambut kedua sahabatnya yang mulia tersebut untuk masuk, kemudian Rasulullah menempatkan Abu Bakr di sebelah kanannya, dan Ali di sebelah kirinya seraya berkata kepada mereka. "Demikianlah kami kelak dibangkitkan di hari kiamat."

Facebook

Spotify

Youtube Channel