Sebuah Renungan Untuk Diri


INGATLAH, Secantik apapun wajah yang kita hias setiap hari ia tidak akan berguna jika tidak diiringi dengan hati yang cantik dipoles dengan amal ibadah yang kuat.

Setampan apapun rupa yang kita miliki dia akan keriput menjadi tua, sungguh ketampanan itu bisa terus bercahaya jika mudawamatul wudhu' (sering berwudhu) dan melakukan sholat malam.

Seindah apapun gaun yang kita beli dan busana yang kita pakai, pada akhirnya kain kafan juga-lah yang akan membalut tubuh ini.

Sekaya dan sebanyak apapun harta kita, tak akan secuil pun dibawa pergi menghadap Ilahi, kecuali hanya amal ibadah kita.

Hari ini kita merasa paling gagah dan kuat, Pada akhirnya kita akan dimandikan seperti bayi dan diusung beramai-ramai menuju kuburan.

Sebanyak apapun teman/rekan kita, pada saatnya kita akan pergi menghadap Allah Ta'ala seorang diri.

Dan seluas apapun rumah kita, pada akhirnya jatah maksimal adalah rumah minimalis 2m x 1 m.

Saat masih hidup dihormati disegani dan ditakuti, kelak waktu dikubur, peti diinjak-injak tanah juga dipendam tetap diinjak-injak supaya masuk kedalam. Oleh sebab itu,
Persiapkanlah amal ibadah sebanyak-banyaknya.
Kumpulkanlah bekal hingga tidak merasa kekurangan.

Renungkanlah ayat-ayat mulia ini, ketika kematian telah datang, tak ada seorangpun yang dapat mengelak dan menundanya.

فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لاَ يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلاَ يَسْتَقْدِمُونَ
Maka apabila telah tiba ajal mereka (waktu yang telah ditentukan), tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak pula mereka dapat mendahulukannya.” 
(An-Nahl: 61)

Wahai betapa meruginya seseorang yang berjalan menuju alam keabadian tanpa membawa bekal. Janganlah engkau, wahai jiwa, termasuk yang tak beruntung tersebut. Perhatikanlah peringatan Rabbmu:

وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدْ 
Dan hendaklah setiap jiwa memerhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat).” (Al-Hasyr: 18). 

Wallahu A'laam bis shawab

Semoga menjadi bahan renungan untuk kita semua...

Facebook

Spotify

Youtube Channel