Kisah Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid (Tanggul, Jember)

Al-Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid (Tanggul, Jember)

Sayyidina Al-Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul
Lahir: Wadi 'Amd, Hadramaut, 1313 H / 1895 M
Wafat: Tanggul, Jember, 1396 H / 1976 M

Nama beliau masih sangat melekat kuat di hati kaum muslimin Nusantara. Sayyidina Al-Habib Sholeh Tanggul, demikian sapaan populer sang Habib.

Masyarakat luas mengenalnya sebagai sosok ISTIMEWA yang bilamana beliau berdoa, Allah akan langsung mengkabulkannya. Dengan kata lain beliau seorang yang maqbul doanya.

Suatu saat ketika perihal kemaqbulan doa-doa beliau itu dipertanyakan kepada beliau, dan beliau menjawab: "Bagaimana tidak? Sedangkan aku belum pernah melakukan hal yang membuat Allah murka".

Selain itu setiap kalimat doa yang meluncur dari lisan beliau memang didasari rasa keikhlasan yang penuh, yang tak bercampur sama sekali dengan kepentingan duniawi. Wajarlah bila tiap doa yang beliau panjatkan amat cepat dikabulkan Allah SWT.

Sewaktu kecil sebagaimana teman-teman sebaya beliau, beliau pernah menggembala kambing.
Beliau mulai mempelajari Al-Qur'an dari seorang guru, Syaikh Sa'id Ba Mudhij di Wadi 'Amd, seorang ulama yang dikenal akan keshalihannya karena lisannya tiada henti berdzikir kepada Allah.

Sedangkan ilmu fiqih dan tasawwuf beliau pelajari dari ayah beliau sendiri Sayyidina Al-Habib Muhsin bin Ahmad Al-Hamid.

Saat berusia 21 tahun beliau meninggalkan Hadramaut dan hijrah ke Indonesia, beliau ditemani Syaikh Fadhli Shalih Salim bin Ahmad Al-Askari.

Sesampainya di Indonesia beliau singgah beberapa hari di Jakarta, kemudian tinggal di Lumajang. Setelah menetap beberapa waktu lamanya di Lumajang beliau pindah ke Tanggul Jember dan menetap disana hingga akhir hayatnya.

Suatu ketika datanglah ilham Rabbaniyyah kepadanya untuk beruzlah. Setelah berjalan lebih dari tiga tahun datanglah Guru beliau Sayyidina Al-Imam Al-Qutbh Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad As-Segaf meminta beliau keluar dari khalwat.

Diantara nasihat yang kerap disampaikan beliau: Hendaklah setiap kalian menjaga shalat lima waktu Jangan pernah tinggalkan shalat Subuh berjama'ah Muliakan dan berbuat baiklah kepada orang tua Jadilah kamu sekalian sebagai rahmat bagi seluruh alam Berbuat baiklah, jangan pilih kasih kepada semua orang.

Facebook

Spotify

Youtube Channel