Keteguhan Hati Habib Anis Al-Habsyi

Al-Habib Anis bin Alwi Al-Habsyi
Andaikata diantara kita ada yang pernah memandang beliau Habib Anis, niscaya dalam hati kita akan meyakini bahwa inilah hamba Allah yang istiqomah dalam menapaki jejak datuk-datuknya sampai ke Rasulullah. Berikut adalah kisah yang membuktikan bagaimana keteguhan hati Habib Anis dalam menyikapi problematika kehidupan.

Beliau selain membimbing umat dimasjid Arriyadh, beliau juga punya usaha yaitu pabrik kain batik didekat rumah beliau didaerah gurawan. Suatu hari pabrik itu terbakar kemudian banyak orang yang bingung dan berteriak seraya bilang. "Wahai Habib toko antum terbakar". Dengan tersenyum beliau menjawab. "Iya saya liat"

Tidak lama kemudian ada salah seorang penjual lontong dan sate ayam yang baru keluar dari rumahnya hendak berjualan, namun Habib Anis langsung memanggilnya dan berkata. "lontong dan sate ayam dagangan kamu saya borong semuanya, untuk disantap masyarakat sekitar yang sudah membantu memadamkan api".

Masyarakat (saat itu banyak yang belum tahu tentang Habib) menjadi bingung, karena dilihat orang ini kok terkena musibah hanya tersenyum bahkan mentraktir segitu banyaknya orang yang membantu memadamkan api supaya tidak merembet kerumah-rumah disekitar pabrik.

Dua hal yang menunjukkan keteguhan hati beliau, bisa bersabar di awal musibah, dan berderma ketika dalam keadaan susah, Hal seperti ini sangat berat dilakukan kecuali oleh orang yang sudah tertancap dalam hatinya kecintaan kepada Allah dan meletakkan dunia ditangannya bukan di hatinya.

Semoga Allah selalu merahmati beliau.

Facebook

Spotify

Youtube Channel