Makam Nyai Ageng Ngerang

Makam Nyai Ageng Ngerang

Makam Nyai Ageng Ngerang

Makam Nyai Ageng Ngerang

Makam Nyai Ageng Ngerang

Makam Nyai Ageng Ngerang
Nyai Ageng Ngerang adalah seorang ulama wanita wali nukbah yang hidup semasa dengan Dewan Wali Songo yang menyebarkan agama islam di daerah Juwana,Lereng Muria dan daerah lereng pegunungan Kendeng Pati Selatan.

Nama lengkapnya Nyai Siti Rohmah Roro Kasihan.Nyai Ageng Ngerang keturunan bangsawan kerajaan Majapahit dan mempunyai nasab dengan Nabi Muhammad Saw generasi ke 25 dari jalur keluarga Bani alawi Hadramaut.

Ki Ageng Tarub mempunyai istri seorang Bidadari kahyangan yang bernama Dewi Nawang Wulan.Dan kemudian mempunyai satu putri yang bernama Dewi Retno Nawang Sih.

Dewi Nawang Sih kemudian dinikahkan dengan Raden Bondan Kejawan/Aryo Lembu Peteng dan mempunyai 3 putra yakni:Ki Ageng Wonosobo,Ki Getas Pendowo dan Nyai Ageng Ngerang.

Makam Nyai Ageng Ngerang terletak di pedukuhan Ngerang Desa Tambakromo kecamatan Tambakromo kabupaten Pati Jawa Tengah.Tepatnya terletak di kawasan Pati Selatan di bawah lereng Pegunungan Kendeng.Sekitar 18 km sebelah selatan kota Pati.

Makam Beliau dipelihara dan dikeramatkan serta dijaga dengan baik oleh masyarakat pedukuhan Ngerang.Dan terakhir kali makam beliau dipugar total sekitar tahun 1997 dan diresmikan pada tanggal 21 mei 1998 bertepatan dengan jatuhnya rezim presiden Soeharto.

Disekitar makam beliau terdapat petilasan-petilasan bersejarah Nyai Ageng Ngerang dalam menyebarkan agama islam.

Nama Pedukuhan Ngerang sendiri berasal dari kata nama sebutan beliau,karena Suami Beliau adalah seorang ulama yang berasal dari Ngerang Juwana yakni Ki Ageng ngerang I atau Syeh Muhammad Nurul Yaqin,yang disebut dengan nama Sunan Ngerang.

Facebook

Spotify

Youtube Channel