Uang Pemberian Yang Tidak Pernah Disentuh Oleh Habib Anis

Habib Anis bin Alwi Al-Habsyu (Solo)
"Uang pemberian seorang pedagang yang tidak pernah disentuh oleh AL HABIB ANIS Bin ALWI AL HABSYI-Solo"

Suatu hari datang seorang Pedagang Kaya Raya bersilatuhrahmi kepada beliau . Di kesempatan itu si Pedagang menghadiahi sejumlah uang ratusan juta [ masih dalam bendel dan dalam buntelan plastiknya ] . Beliau perintahkan khadim untuk memasukkan uang itu ke dalam kamar.

Habib Anis saat menerimanya pun biasa saja. Tak ada perubahan rona wajah atau sikap beliau. Si Pedagang tersebut diperlakukan sama dengan para Tamu dan hadirin yang lain. Beberapa hari kemudian , si pedagang datang lagi . Tetapi disaat habis shalat berjama'ah dia berkata kepada Habib Anis: " Habib, seharusnya jendela-jendela Masjid ini di ganti dengan yang lebih bagus lagi..Ini sudah kuno.." Mendengar ucapan itu Habib Anis memanggil Khadim dan menyuruhnya mengambil buntalan Plastik dari dalam Kamar. Ternyata isinya adalah Uang-Uang yang beberapa hari lalu si pedagang hadiahkan kepada beliau . Plastik itu masih utuh. Belum di buka ikatannya semenjak semula. Bundelan dan label Bank di uang-uang itu pun masih tersusun sebagaimana sebelumnya . Tampaknya, sedari awal Habib menerima uang-uang itu, habib tidak menyentuhnya sama sekali.
Lalu sambil menyerahkan kembali uang tersebut kepada Pedagang itu, Habib Anis berkata : "Terima kasih, saya kembalikan uang hadiah ente. Tampaknya ente menghadiahi uang ane untuk mengatur - atur ane Ya ? "

Maka menangislah pedagang itu : "Tidak habib. Saya ikhlas memberikannya..Maafkan kelancangan saya.."

Habib bergeming : " Tidak, terimakasih. Bawa kembali uang ente. Sungguh ane membangun semua yang ada dalam Masjid ini adalah dengan uang hasil jerih payah keringat ana sendiri. Kalau dengan uang ente kira bisa mengatur-atur ane maka maaf saja.

Facebook

Spotify

Youtube Channel