Keutamaan Bergaul Dengan Orang Sholeh


Al Habib Ahmad bin Umar bin Sumaith nafa`anallahu bih, mengatakan: “Kebaikan dan keburukan tertanam benihnya dalam diri manusia. Ia tidak akan Nampak kecuali ketika bergaul dengan orang lain. Jika ia bergaul dengan orang-orang yang baik maka akan Nampak padanya perbuatan baik. Dan jika ia bergaul dengan orang-orang suka berbuat buruk, maka akan Nampak perbuatan buruk darinya.”

Al Habib Abdullah bin Alawi al Haddad RA juga mengatakan: “Ketahuilah bahwa bergaul dengan orang baik dan duduk bersama mereka menanamkan kecintaan kepada kebaikan di hati dan memiliki andil dalam membantu untuk melakukan kebaikan. Sebagaimana bergaul dengan orang yang buruk perilakunya dan duduk bersama mereka menanamkan kecintaan kepada keburukan dalam hati dan keinginan berbuat buruk.”

“Siapa yang bergaul dengan suatu kaum dan berinteraksi dengan mereka maka otomatis ia akan mencintai mereka. Baik orang itu adalah orang baik atau pun orang yang buruk perilakunya. Dan seorang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai di dunia dan di akhirat.”

Facebook

Spotify

Youtube Channel