Larangan Menggunjing Saudara Sesama Muslim


Sabar adalah jalan untuk mencapai surga, Rasulullah SAW bersabda : "Surga itu diliputi dengan berbagai hal yang tidak menyenangkan". Tiada satu orangpun yang dapat sampai ke surga, kecuali orang yang sabar dalam menghadapi berbagai hal yang tidak menyenangkan nafsunya dan siap menghadapi berbagai beban yang menyusahkan dirinya.

Surga itu diliputi dengan berbagai hal yang tidak menyenangkan nafsu sedangkan neraka diliputi dengan berbagai hal yang menggiurkan syahwat. Oleh karna itu, wajib bagi kita untuk selalu mengawasi keadaan kita sejak pagi hingga sore.

Nabi Muhammad SAW bersabda, menggunjing adalah engkau menyebut-menyebut saudaramu yang muslim tentang keadaannya yang tidak disenangi, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, "bagaimana kalau yang aku katakan tentang dia itu benar?" Rasulullah menjawab, "jika yang engkau katakan itu benar adanya pada dia, berarti engkau telah menggunjingnya. sedangkan, jika apa yang engkau katakan itu tidak benar, berarti engkau telah berdusta tentangnya." Sudah tentu, dosa berdusta lebih besar dibanding menggunjing.

Facebook

Spotify

Youtube Channel