Habib Ali Bungur


بسم الله الر حمن الر حيم

Sekilas beografi Al Aalim Al allamah Al Bahrul Fahamah AlQuthub Alhabib Ali Bin Husein Al attas / dikenal dengan sebutan Habib Ali Bungur. Beliau lahir di huraidhah, Hadramaut pada tanggal 1 Muharrom 1309 H bertepatan dengan 1889M. Pada tahun 1912 M beliau pergi ke tanah suci mekkah untuk melaksanakan ibadah haji & berziaroh ke Makam Datuknya (Nabi Muhammad SAW) dan beliau menetap di mekkah untuk menimba ilmu di daerah hijaz selama 4 tahun. Lalu beliau kembali ke huraidhah dan mengajar selama 3 tahun (tidak banyak sejarawan yang menulis tentang kapan kedatangan beliau ke indonesia) ketika di jakarta beliau menimba ilmu lagi kepada para Ulama, di antaranya kepada : Alhabib Abdullah Bin Muchsin Alatas (empang bogor) Alhabib Ahmad Bin Abdullah Bin Thalib Alatas (pekalongan) Alhabib Muhammad Bin idrus Alhabsyi (Surabaya) Alhabib Muhammad Bin Ahmad Al Muhdhor (Bondowoso).

Beliau tinggal di daerah cikini. Masyarakat sangat mencintainya karena ke sholehan, ketawadhu'an,dll dari beliau.

Dan beliau sangat tegas di dalam mengatakan yang Haq itu hak & yang bathil itu bathil. Sampai-sampai beliau yang menyeru kepada Masyarakat untuk berjihad untuk melawan PKI saat itu. Di antara karya beliau yang sangat terkenal adalah Kitab TAJUL A'RAS FI MANAQIB AL QUTHUB ALHABIB SHOLEH BIN ABDULLOH ALATTAS.

Banyak ulama-ulama yang berhasil karena didikan beliau, di antaranya : Alhabib Abdurrahman Bin Ahmad Assegaf (Bukit Duri) KH.Muallim Syafi'i azami,dan masih banyk lagi murid beliau.

Beliau wafat di pagi hari pada tanggal 16 februari 1976 ribuan orang berbondong-bondong untuk berta'ziah kepada beliau & di makamkan di seberang mesjid Alhawi, condet keramat jati jaktim.

Disana salah satu tempat pemakaman yang paling banyak Auliya'nya yang ada di jakarta, di antaranya : Alhabib mukshin bin Muhammad Al Attas, Alhabib Salim Bin Ahmad Bin Jindan, Al Habib Umar bin Muhammad Bin hasan bin hud Al Attas.

Mudah-mudahan kita, orang tua,guru-guru, keluarga, saudara-saudara kita mendapat kan keberkahan dari ALLAH Wasilah beliau & orang-orang sholeh lainnya. Aamiin ALLAHumma Aamiin.

Facebook

Spotify

Youtube Channel