Manaqib Habib Hasan



قال جامعها [ سيد الوالد الحبيب المربي المنصب عبدالرحمن بن شيخ العطاس العلوي الحسيني
Telah berkata penyusun manaqib ini
[ Sayyid Al-walid Al-habib Al-murabby Al-munsib ABDURRAHMAN BIN SYECH AL-ATHOS AL-ALAWY AL-HUSAINY ]

عند ما كنت طالبا في رباط تريم وذلك في نهاية الحرب العالمية الثانية كثيرا ما رأيت سيدي رضي الله عنه يقضي معظم أوقاته في آخر الليل بزيارة مقبرة زنبل في تريم ، و قد يأخذني معه أو يأخذ الأخ أحمد بن علي بن أحمد بن طالب العطاس و يدور على بعض مساجد تريم ليركع فيه ، ثم يرجع إلى الرباط لصلاة الفجر فيه
Ketika saya menimba ilmu di Rubàth tarîm, tepatnya pada saat-saat menjelang perang dunia ke II, saya sering melihat Al-Habib Hasan menghabiskan sepertiga terakhir waktu malamnya dengan berziarah di pemakaman zanbal. Terkadang beliau mengajak saya atau saudara saya Al-habib Ahmad bin Ali bin Ahmad bin thalib Al-athas. Selain itu beliau juga biasa berkeliling ke masjid-masjid tarîm untuk melakukan shalat di sana, dan setelah itu baru beliau pulang ke Rubâth untuk sholat shubuh di sana

و كان رضي الله عنه شديد القوى في حق الله ، آمرا بالمعروف ناهيا عن المنكر ، يقول الحق و لو كان مرا لا تأخذه في الله لومة لائم
Al-habib Hasan selalu tegas dalam menegakkan hak-hak Allah SWT, beliau selalu melakukan amal ma'ruf nahi munkar, dan tiada pernah takut atau memperdulikan celaan para pencela ketika beliau melakukan sesuatu untuk Allah SWT.

 مهتما اهتماما كبيرا برباط تريم و أمور الطلبة و حوائجهم خصوصا الغرباء الذين أتوا من أماكن شتى
Beliau memeliki perhatian penuh terhadap Rubath tarim dan seluruh persoalan yang berkaitan dengan para santri, termasuk kebutuhan-kebutuhan mereka, khususnya para santri yang datang dari tempat jauh

و قد حصل لسيدي رضي الله عنه يوما أنه اشتكى من (الصنوك) من أثر التعب فأتيته بالمفصص فلما أمسكه بيده سأله رضي الله عنه:"من اسمك و من أين أنت" ، فأجابه ،"أنا من طلبة الرباط"، فنهرني و عاتبني و قال : (لا يحل لك و لا لي ذلك ، فإن طالب العلم جاء إلى الرباط لطلب العلم من مكان بعيد ، فلا تأمره أن يفصص لأن ذلك استبداد به و حكم ذلك حرام فلا تعد إلى مثل هذا). فرحمه الله تعالى و رضي عنه و أرضاه.
Pernah suatu ketika beliau merasakan seluruh tubuhnya sakit, lalu saya membawakan seorang untuk memijat beliau. Begitu pemuda tersebut memegang kaki beliau, beliau bertanya kepada pemuda tersebut, 'siapa namamu, dari mana asalmu..? Dan sudah berapa lama kamu berkerja di tarim sebagai tukang pijat..? Pemuda tersebut lalu menjawab bahwa dia berasal dari indonesia dan saat ini menetap di Rubath tarim sebagai pelajar. Beliaupun terkejut dan menegur saya dengan keras seraya berkata, "menyuruh seorang penunutut ilmu yang datang dari jauh, untuk memijat, adalah sesuatu yang terlarang. Itu adalah pemerkosaan hak, yang dosanya amat besar! Jangan pernah lagi engkau mengulanginya! Semoga Allah merahmati dan meridhainya.

و كما هو مشاهد بما حدثني الحبيب الحافظ لكتاب الله أبو عبد الله أحمد بن صالح مولى الدويلة ساكن تريم أنه سافر إلى بعض المناطق و القرى البعيدة من تريم. و حصل أثناء سفره أنه وقع في حفرة عميقة فاستغاث بالحبيب حسن و قال " يا حبيبنا حسن أنقذنا"-ثلاث مرات- فجاء الحبيب حسن بصورته فأنقذه منها ثم غاب عنه
Lain halnya dengan Al-habib Al-Hafizh li kitabillah, abu abdillah Ahmad bin sholeh maula Dawilah dari tarîm. Beliau pernah mengalami sebuah peristiwa ajaib. Ketika sedang melakukan perjalanan jauh, beliau terperosok di dalam lubang yang dalam lalu ia berteriak memanggil Habib Hasan "yâ Habib Hasan, yâ Habib Hasan yâ Habib Hasan! Tidak lama kemudian Al-habib Hasan datang lalu beliau menyelamatkannya, setelah itu beliau kembali menghilang.

و كم و كم من الرجال و العارفين تحدثوا عن هذه الشخصية العظيمة و أثنوا عليها. كما سمعنا من خليفة الحبيب علي بن محمد الحبشي العارف بالله الحبيب أحمد بن علوي بن علي الحبشي أنه سمع عن الحبيب علوي بن عبد الله بن شهاب يقول بأن هؤلاء الأولاد (أحمد بن علوي الحبشي و حسن بن عبد الله الشاطري ) مذ خلقا كانا من المحبوبين عند الله.
Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh ulama yang berbicara tentang sosok Al-habib Hasan Asy-Syathiri. Saya juga pernah mendengar Al-arif billah Al-habib Ahmad bin Alwi bin Ali Al-habsyi, dan beliau mendengar gurunya Al-habib Alwi bin Abdullah bin Syahab mengatakan "bahwa anak-anak ini (Al-habib ahmad bin alwi al-habsyi dan Al-habib hasan bin abdullah Asy-Syathiri) sejak mereka lahir tergolong hamba-hamba Allah yang di cintai.

وكان سيدي رضي الله عنه عالما حافظا لكتاب الله منذ صغره، عاملا بعلمه متواضعا، خصوصا مع شيوخه.
AL-HABIB HASAN BIN ABDULLAH Asy-Syathiri adalah seorang alim, di kenal sebagai seorang penghafal Al-quran sejak kecil segaligus pengamal al-qur'an. Beliau selalu berendah hati terutama di hadapan guru guru beliau.

ومما عرفنا أنه إذا جلس بين يدي شيخه الحبيب علوي بن عبدالله بن شهاب الدين للقرأة عنده لم يسمع منه صوته ولا يرفع رأسه قط، كأن على رأسه الطير.
AL-HABIB HASAN jika duduk di depan gurunya Al-habib Alwi bin Abdullah bin Syahab, suara beliau tidak pernah terdengar, kepalanya pun tak pernah di angkatnya "seakan akan di atas kepala beliau ada burung yang sedang bertengger.

وكان محبوبا عند اهل الله، محبا في الله مخلصا له، ناصحا للصغير والكبير، شفيقا رحيما وحسن الظن دائما بالمسلمين.
Beliau di cintai oleh hamba-hamba Allah, mencintai Allah dan mengikhlaskan dirinya untuk Allah, selalu menasehati yang besar dan yang kecil, penuh kasih sayang, serta selalu berbaik sangka terhadap sesama muslim.

فقد حدثني من أثق به أنه اتفق لسيدي رضي الله عنه أن صادف رجلا وامرأة إفرنجيين - الرجل يقبل المرأة - في المصعد الكهربائي الذي دخله فلا ينهرهما بل دعا رضي الله عنه لهما فقال [اللهم كما فرحتهما في الدنيا ففرحهما في الآخرة] فما مضى من الأيام إلا ودخلا في الإسلام ببركة هذا الإمام.
Pernah pada suatu hari beliau memasuki lift, dan menjumpai di dalamnya sepasang lelaki dan perempuan barat yang sedang berciuman" beliau tidak menegurnya justru malah mendoakanya. Seraya berkata "ya ALLAH sebagai mana engkau telah senangkan hati mereka di dunia, maka senangkanlah hati mereka di akhirat kelak" beberapa hari kemudian kedua orang itu masuk islam berkah doa AL-HABIB HASAN Asy-Syathiri.

وقد من الله عليه بالفراسة الصادقة واكرمه بالكرامات لا أشك في ذالك لأني عاينت وشاهدت الكثير من كرامته وخصوصياته ما لو حاولت شرحها في هذه السطور لا حتجت إلى مجلدات ضخمة، وما سمعنا عن أخلاق اسلافه وأعمالهم وتواضعهم إلا تحلت وتجسدت وانطوت في شخصيته هذا السيد الجليل.
ALLAH SWT telah menganugerahinya firasat yang benar dan berbagai karomah yang tidak saya ragukan lagi kebenarannya, karena saya sering melihat banyak keistimewaan yang muncul dari beliau, semoga Allah SWT merahmati beliau.
Sekiranya saya menulis (sayyid al-walid al-murobby Al-habib abdurrahman bin syech Al athos) karomah karomah beliau dan aneka le istimewaan lainya, niscaya apa yang saya akan tulis berjilid berjilid banyaknya.

وبالجملة : فقد اتصف سيدي رضي الله عنه بسموِّ الأخلاق لا نظير لها في عصره وقليلا ما نجد من تخلق بها في مثل هذا الزمان، حتى فيمن انتسب وادعي إلى العلم. نسأل الله تعالى أن لا يحرمنا من بركاته آمين.
Kesimpulan yang saya paparkan di atas bahwa Al-habib Hasan Asy-Syathiri memiliki akhlak mulia lagi tinggi yang tiada tandingannya di zaman seperti ini. Sulit mencari orang-orang seperti beliau ini meski pada kalangan ulama sendiri. Semoga kita mendapatkan keberkahannya "Amîn yaa robbal alamin"

ومن جملة وصيته لنا : (عليك بتقوى الله في السر والعلن) ودائما اوصاني رضي الله عنه خاصة والمتعلقين من تلامذته ومحبيه عامة بالثبات على نهج السلف الصالح ومحبتهم وإتباعهم والاقتداء بهم.
Sebagai penutup saya akhiri dengan wasiat-wasiat beliau pada saya (sayyid al-walid Al-habib abdurrahman bin syech Al athos) yang antara lain beliau berwasiat "tetaplah engaku pada ketakwaan pada ALLAH SWT di manapun kau berada" Beliau juga mewasiatkan kepada saya dan segenap murid-muridnnya dan para pencintanya "agar selalu tetap teguh berada dalam ajaran As-salaf As-shalih dan ajaran mereka.
ويقول إعط حقوق الناس ولا تطلب منهم حقوقك، وساعد من طلب منك المساعدة بدون تكليف.
Selain itu beliau juga seringkali berwasiat "tunaikanlah hak hak orang lain, dan janganlah kamu menuntut hak mu pada mereka, bantulah orang yang meminta bantuan kepadamu semampunya.

Facebook

Spotify

Youtube Channel