Al-Habib Al-Arif Billah Ali bin Abdurrahman Al-Masyhur yang tinggal di Tarim menjelaskan dalam manaqib ayah beliau Al-Habib Abdurrahman Al-Masyhur bahwa sang ayah berkata:
Pada suatu hari saya menemani Al Habib Al-Wali Al-Arif Billah Ahmad Al-Masyhur untuk menghadiri undangan seseorang dari keluarga Al-Ruwayki di Tarim.
Ketika itu Habib Muhammad bin Ali Assegaf termasuk orang yang diundang oleh seorang Syekh dari keluarga Bafadol.
Saat Habib Muhammad sampai ke rumah Syekh Al-Ruwayki, beliau mendapati para undangan sedang membaca maulid Nabi. Saat itu berdekatan dengan mahallul qiyam.
Ketika Habib Ahmad Al-Masyhur melihat kedatangan beliau, Habib Ahmad berdiri dengan tergesa-gesa dari tempatnya untuk menyambut di pintu rumah. Habib Ahmad pun menggandeng tangan kiri beliau.
Habib Muhammad tercengang dengan sambutan Habib Ahmad. Namun beliau berusaha tetap tenang dan penuh adab. Beliau lalu didudukkan disamping Habib Ahmad.
Seusai pembacaan maulid dan acara santap malam, para hadirin pulang ke rumah masing-masing. Habib Abdurrahman berkata; yang tersisa hanya saya, Habib Muhammad bin Ali Assegaf, Habib Ahmad Al-Masyhur, dan tuan rumah.
Kemudian Habib Muhammad Assegaf memulai pembicaraan dengan penuh sopan santun karena melihat bahwa dirinya bukanlah seseorang yang pantas untuk disambut oleh Habib Ahmad yang ketika itu adalah Wali Qutub. “Ya Habib, aku minta maaf. Kenapa kau harus bangun dan menyambut kedatanganku di pintu depan?” Habib Ahmad pun menjawab, “Demi Allah, tidaklah aku berdiri kecuali aku melihat Rasulullah masuk bersamamu dan menggandeng tangan kananmu”.
------------------------
Dalam kitab Al Ni'matul Kubro 'alal 'alam fi Maulidi Sayyidil Adam, Imam Ibnu Hajar Al-Haitamy berkata;
اعتقاد قدوم روحه صلى الله عليه وسلم من عالم الارواح إلى عالم الشهادة وحضوره في المجالس التي يذكر فيها لا باس به في الدين
Meyakini kehadiran Rasulullah Saw dari alam ruh ke alam nyata dan hadir dimajlis-majlis yang disebut nama beliau disana, bukanlah hal yang salah dalam keyakinan agama.
ولا بعد في وقوعه لأنه صلى الله عليه وسلم وإن كان جسده المقدس في قبره الكريم بالمدينة المنورة لكنه حي في قبره وروحه المقدسة كالشمس المنيرة لجميع الآفاق مشارقها ومغاربها
Dan tidak mustahil terjadi, karena Nabi SAW walaupun jasad sucinya berada di Madinah tetapi ruhnya hidup dikuburnya. Ruhnya yang suci seperti matahari menyinari seluruh penjuru alam mulai dari penjuru barat hingga timur.
وقد ثبت عن كثير من أهل الكشف اجتماعهم به صلى الله عليه وسلم يقظة وأخذهم العلوم والحكم عنه بلا واسطة مع فناء ديارهم
Sungguh terdapat keterangan dari banyak ulama ahli kasyaf, bahwa mereka berkumpul dengan Nabi SAW dalam keadaan terjaga dan mereka mengambil ilmu dan hikmah dari beliau tanpa perantara
فلا يبعد أن تحضر روحه المقدسة عليه الصلاة والسلام في كل مجلس يذكر فيه وإن كان في مواضع كثيرة وبلدان متباعدة وهو أمر مسلم عند أهل الذوق الصحيح الكرام
Bukanlah sesuatu yang mustahil Ruh Nabi yang suci hadir disetiap majlis yang disebut namanya walaupun ditempat yang jauh dan berbeda-beda. Ini adalah sesuatu yang diterima oleh Ahli dzauq yang sohih dan yang mulya.
ويشهد بصحة ذلك ما ثبت في قصة المعراج من أنه صلى الله عليه وسلم اجتمع بالأنبياء في بيت المقدس ثم لما عرج به إلى السموات اجتمع بآدم ويحيى وعيسى وموسى وإبراهيم وغيرهم
Dalil yang membenarkan ini adalah kisah mi'rajnya Nabi yang bertemu dengan arwah para Anbiya di Baitul Muqoddas. Ketika Nabi naik kelangit beliau berkumpul dengan Nabi Adam, Yahya, Isa, Musa, Ibrahim dan yang lain.
i_love_rasulullahsawومما يقرب ذلك القول أن ملك الموت الموكل لقبض الأرواح يتولى قبض أرواح من يموت في ساعة واحدة في مشارق الأرض ومغاربها وشمالها وجنوبها وهو ملك واحد بنص قوله تعالى :قُلْ يَتَوَفَىكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ السجدة
Dan termasuk dalil yang dekat dengan perkataan itu, bahwa Malaikat Maut ditugaskan mencabut arwah orang yang mati dalam satu waktu dipenjuru barat, timur, selatan dan utara. Dan yang mencabut cuma satu malaikat dengan keterangan firman Alloh "Katakanlah! yang mematikan kalian semua (satu) malaikat maut yang ditugaskan untuk kalian semua". Habib Zain bin Smith berkata :
قال الامام السيوطي رحمه الله: قد تحصل من مجموع الاحاديث ان النبي صلى الله عليه وسلم حي بجسده وروحه وانه يتصرف حيث شاء في اقطار الارض والملكوت وهو بهيبته التي كان عليها قبل وفاته، وانه يغيب عن الابصار كما غيبت الملائكة، فاذا اراد الله رفع الحجاب عمن اراد كرامته برؤيته رآه على هيئته.
Imam Suyuthi berkata; "bisa ditarik kesimpulan dari hadist-hadist yang sudah terkumpul, bahwa Nabi Muhammad Saw adalah hidup dengan Jasadnya dan hidup dengan Ruhnya.
Beliau bertashorruf/berbuat apapun yang Beliau inginkan diseluruh penjuru bumi dan langit, dengan kewibawaan seperti keadaan Beliau masih hidup.
Beliau tidak terlihat oleh mata sama seperti para malaikat. Maka jika Allah berkehendak membuka hijab seseorang yang dikehendaki mulia dengan melihat Nabi, maka dia bisa melihat Nabi dengan bentuknya.
New
Bagaimana Wujud Nabi Muhammad Ketika Menghadiri Acara Maulid
Artikel
Label:
Artikel