Sultan Muhammad Al-Fatih


Sultan Muhammad Al-Fatih atau juga dikenal sebagai Sultan Mehmed II. Beliau dikenal sebagai tokoh penakluk kerajaan Byzantium atau Konstantinopel.

Nama Muhammad Al-Fatih (64,111) yang berarti "Sang Penakluk" yang lahir pada tanggal 30 Maret 1432 dan wafat tanggal 3 Mei 1481.

la merupakan seorang sultan Turki Utsmani yang menaklukkan Kekaisaran Romawi Timur.

Mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan, sains, matematika & menguasai 6 bahasa saat berumur 21 tahun. Seorang pemimpin yang hebat, pilih tanding, dan tawadhu' setelah Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (pahlawan Islam dalam perang Salib) dan Sultan Saifuddin Mahmud Al-Qutuz (pahlawan Islam dalam peperangan di 'Ain Al-Jalut melawan tentara Mongol).

la jugalah yang mengganti nama Konstantinopel menjadi Islambol (Islam keseluruhannya). Kini nama tersebut telah diganti oleh Mustafa Kemal Ataturk menjadi Istanbul. Untuk memperingati jasanya, Masjid Al Fatih telah dibangun di sebelah makamnya.

Diceritakan bahwa Sultan Muhammad AlFatih tidak pernah meninggalkan sholat wajib, rowatib & tahajjud sejak baligh hingga saat kematiannya."

Facebook

Spotify

Youtube Channel