Kisah Wanita Cantik yang Membuat Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Pingsan


Ini kisah tentang penyebab Syekh Abdul Qadir Al-Jailani mengalami pingsan. Sebagai sosok ulama besar pada jamannya, sosok Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dikenal sangat kharismatik. Wibawanya luar biasa, semua ulama mengakuinya. Gelarnya adalah Sulthonul Auliya, rajanya para wali. Karomahnya sangat banyak, sangat membekas di kalangan para santrinya, bahkan sampai sekarang masih terus dikenang di semua penduduk muslim dunia.

Kisah ini terjadi ketika Syekh Abdul Qadir Al-Jailani didatangi oleh seorang wanita yang mengadukan masalahnya.

“Aku heran pada suamiku, padahal aku ini adalah wanita yang memiliki paras yang sangat cantik. Tapi kenapa suamiku masih melirik wanita lain? kalau anda tidak percaya, akan aku buka hijab wajahku!”

Wanita itu mengadukan nasibnya yang sangat tragis. Takdir kecantikan yang dimilikinya ternyata bukanlah kepastian takdir bahagia, karena sang suami ternyata malah menduakannya. Datang kepada Syekh Abdul Qadir Al-Jailani untuk mendapatkan solusi terbaik dalam hidupnya dan wanita berparas cantik itu sangat yakin dengan tujuannya menghadap Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

Tapi apa yang terjadi?

Ketika wanita berparas cantik itu mengadukan nasibnya, seketika itu juga malah Syekh Abdul Qadir Al-Jailani pingsan. Wanta cantik itu dan para santri seketika juga kaget, apa yang terjadi dengan diri beliau.

Tidak lama kemudian, Syekh Abdul Qadir Al-Jailani sadar dari pingsannya.

“Ya Syekh, kenapa anda tiba-tiba pingsan?” tanya seorang santri kepada guru tercintanya.

“Aku kaget (terkejut) dengan pernyataan wanita yang datang kepadaku. Dia berkata, aku adalah wanita yang cantik tapi kenapa suamiku masih melirik wanita lain. Seketika itu aku teringat, kalau wanita cantik saja tidak mau diduakan. Bagaimana dengan Allah Dzat Yang Maha Indah dari segalanya.”

Para santri terkaget-kaget dan takjub dengan jawaban Syekh Abdul Qadir Al-Jailani. Betapa dalamnya pemaknaan beliau terhadap makhluq Allah. Semua yang terjadi selalu dimaknai Syekh Abdul Qadir Al-Jailani sebagai momen mendekatkan dirinya kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook

Spotify

Youtube Channel