Ancaman Bagi Orang-Orang Yang Sombong

Dan bahayanya manusia yang sombong itu / yang menyombongkan diri dan membubarkan majelis dan mencerai beraikannya, maka Allah ta'ala mengancam dalam firmannya

Qs: Al-An'am 52 


Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaan-Nya. Kamu tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatan mereka dan merekapun tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatanmu, yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka, (sehingga kamu termasuk orang-orang yang zalim).

dan disambung dengan firman Allah

Qs: Al-Kahfi 28


Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.(28)

Karena sifat orang yang sombong sangat besarlah kehinaanya dan memiliki tanda-tanda yang menyalahi Allah ta'ala pada segala petunjuknya. apabila dia mendengar dan mengetahui kebenaran dari hamba Allah niscaya dia akan enggan menerimanya dan dia akan terus menerus mengingkarinya.
bahkan tidak pernah cocok dalam tukar pikirannya untuk membahas hal rahasia agama, mereka akan terus menyangkal dengan kebodohannya, dan mencari usaha daya dan upaya untuk menolak kebenaran, itu adalah ahlak yang kebanyakkan dimiliki oleh orang-orang kafir dan juga disebut orang yang munafik.

Apabila mendapatkan pengajaran atau nasehat mereka tidak akan mematuhi dan mentaatinya, dan keluarlah daripada imannya sebagaimana di firmankan oleh Allah

Qs: Al-Baqoroh 206


Dan apabila dikatakan kepadanya: "Bertakwalah kepada Allah", bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahannam. Dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya. (206)

Itulah orang-orang yang disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW orang yang mengingkari kebenaran.

Maka Allah ta'ala berfirman dalam surat

Qs: As-Shu'ara 215

Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman.

Facebook

Spotify

Youtube Channel