MENCIUM TANGAN HABAIB


Nabi Muhammad SAW, beliau berkata : "Mencium tangan ahlul bait adalah termasuk usaha untuk mendekatkan diri kepada Rasulullaah SAW.",

Allah Ta'ala mewahyukan :

قل لا أسالكم عليه أجرا إلا المودة فى القربى

Qul laa as'alukum 'alaihi ajron illa al-mawaddata fil-qurbaa.
Artinya: Katakanlah: "Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upah pun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan".. (Asy-Syura, 42 : 23).

Sayyidinaa Abdullah bin Abbas ra. adalah salah seorang ahlul bait. Ketika Sayyidinaa Zaid bin Tsabit ra. selesai menyalatkan jenazah, seseorang mengambil kuda beliau. Sayyidinaa Abdullah bin Abbas ra. mengambil alih dari orang itu, lalu memegang kendali kuda itu dan menuntunnya untuk diserahkan kepada pemiliknya. Sayyidinaa Zaid bin Tsabit ra. berkata kepada beliau, "Wahai, sepupu Rasulullaah SAW, mengapa engkau berbuat demikian?" Beliau menjawab, "Beginilah kami diperintah untuk menghormati para ulama kami." Sayyidinaa Zaid bin Tsabit ra. segera mencium tangan beliau dan berkata, "Beginilah kami diperintah untuk memuliakan ahlul bait Rasulullaah SAW.".

Itulah beberapa dalil dan perkataan ulama tentang mencium tangan, dan ajarkanlah kepada anak-anak kalian dalam mencium tangan yang benar dan untuk belajar menghormati orang tua dan orang-orang yang dimulyakan Allah dan RasulNya..
Semoga bermanfaat!!

Facebook

Spotify

Youtube Channel