Kisah Tingginya Kedudukan Al-Imam Abdullah bin Alwi Al-Haddad


"ANAKMU KELAK AKAN JADI ANAK YANG BERILMU TINGGI DAN TIDAK ADA SATU ORANGPUN YANG MAMPU MENANDINGI MAQOMNYA, KECUALI IMAM MANDL."

Dikisahkan bahwa Al Habib Abdullah Al-Haddad sejak kecil terbiasa beribadah. Ketika pulang sekolah beliau meminta izin pada ibunya untuk pulang telat. Ternyata beliau singgah ke Masjid utuk melaksanakan Shalat Sunnah 100-200 rakaat. Dan beliau istiqomah hingga remaja. Saat dewasa beliau juga menambah Shalat Sunnah 2 rakaat di 360 masjid di Tarem Hadramaut, dan Setiap hari beliau lakukan itu.

Beliau memang buta secara fisik. Hal tersebut dimulai ketika beliau berumur 4 tahun. Sakit panas yang sangat tinggi hingga menyebabkan matanya buta. Suatu hari beliau diajak ibunya, Hubabah Salmah berziarah ke Maqam Habib Abu Bakar Alaydrus Al-Adni, Disana beliau bermunajat pada Allah Swt, "Ya Allah, jika anakku ini memang tidak baik, maka ambil dia secepatnya" Maka terdengar suara dari Maqam Habib Abubakar Alaydrus dan berkata, "Tidaklah anakmu akan menjadi anak yang sia sia...Anakmu kelak akan jadi anak yang berilmu tinggi dan tidak ada satu orangpun yang mampu menandingi Maqomnya, kecuali Imam Mandi".

Benar saja, setelah dewasa tak ada satupun yang mampu menandingi maqomnya hingga kini. Bahkan di zaman beliau dulu, sampai-sampai teman-teman beliau berbicara padanya, "Wahai Haddad, seharusnya kau itu hidup di zaman Imam Ghazali, yang penuh dengan orang Ahli ibadah... Bukan di Zaman kita".

Habib Abdullah Haddad pun menjawab, "Jikalau aku dilahirkan dizaman Tabi'in maka aku masih mampu menandingi mereka". Ada yang mengatakan bahwa Imam Haddad jika disetarakan dengan zaman Sahabat, maka beliau masih mampu untuk menandingi para Sahabat.

Saat beliau mengarang Kitabnya, tiap ingin memasukkan Hadits dalam Kitabnya beliau terlebih dahulu Shalat Sunnah 2 raka'at dan Tawassul kepada Rasulullah SAW dengan niat, "Jika Hadits ini benar maka mudahkan aku menuliskannya".

Bukan hanya kemantapan hati, ternyata Rasulullah SAW juga hadir saat penulisan Kitab-Kitabnya dan memberitahu beliau mana Hadits yang Dhoif dan mana Hadits yang Shahih yang harus dimasukkan.

Facebook

Spotify

Youtube Channel