Perlakukanlah Istrimu Dengan Baik


Dalam hubungan rumah tangga, suami diperintahkan untuk memperlakukan istrinya dengan cara yang ma'ruf sebagaimana seruan dalam ayat,

"Dan bergaullah dengan mereka secara patut." (QS. An Nisa': 19).

Maksud, pergauli istri dengan cara yang patut adalah mempergauli istri dengan baik dengan tutur kata dan sikap. Cara yang patut yang dimaksud adalah dengan bersahabat yang baik, dengan tidak menyakiti istri, serta berbuat baik padanya. Termasuk dalam bergaul dengan cara yang baik adalah memberi nafkah dan memberi pakaian. Maksud ayat ini adalah hendaknya suami mempergauli istrinya dengan cara yang baik sebagaimana yang ia inginkan pada dirinya sendiri. Namun hal ini tergantung pada waktu dan tempat, bisa berbeda-beda keadaannya. Demikian penjelasan Syaikh As Sa'di mengenai ayat di atas.

Bukti dimuliakannya, istri mesti dinasehati dengan lemah lembut.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Berbuat baiklah pada para wanita. Karena wanita diciptakan dari tulang rusuk. Yang namanya tulang rusuk, bagian atasnya itu bengkok. Jika engkau mencoba untuk meluruskannya (dengan kasar), engkau akan mematahkannya. Jika engkau membiarkannya, tetap saja tulang tersebut bengkok. Berbuat baiklah pada para wanita." (HR. Bukhari no. 3331 dan Muslim no. 1468).

Saking dimuliakannya wanita, tidak boleh memukul istri di wajah saat ia membangkang.

Dari Mu'awiyah bin Jaydah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Dan janganlah engkau memukul istrimu di wajahnya, dan jangan pula menjelek-jelekkannya serta jangan melakukan hajr (mendiamkan istri) selain di rumah"
(HR. Abu Daud no. 2142. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Semoga kita menjadi hamba yang mampu menjaga segala titipan-Nya dengan sebaik-baiknya, aamiin....

Facebook

Spotify

Youtube Channel