Sampaikah Pahala Sedekah Kepada Orang Yang Telah Meninggal


Soal : Apa dalil sampainya pahala sedekah kepada orang-orang yang telah meninggal? Jawab : Dalilnya adalah hadits-hadits shahih, antara lain:

عن ابي هريرة رضي الله عنه ان رجلا قال لنبي صلى الله عليه وسلم ان ابي مات ولم ولم يوص افينفع ان اتصدق عنه ؟ قال نعم
Dari Abu hurairah ra. Sesungguhnya seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shalallahu Alaihi WaAlihi Wa Shahbihi Wasalam Sesungguhnya ayahku telah meninggal dan tidak meninggalkan pesan. Apakah bermanfaat baginya, jika aku bersedekah?” Beliau bersabda: “Ya.” (HR. Imam Muslim)

عن سعد رضي الله عنه انه سأل النبي صلى الله عليه وسلم وقال يا نبي الله ان امي قد افتلتت واعلم انها لو عاشت لتصدقت افإن تصدقت عنها ينفعها ذالك ؟ قال نعم فسأل النبي صلى الله عليه وسلم اي صدقة انفع يا رسول الله ؟ قال الماء فحفر بئرا وقال هذا لأم سعد
Dari Sa’ad ra. sesungguhnya ia berkata kepada Nabi Shalallahu Alaihi WaAlihi Wa Shahbihi Wasalam: “Ya Nabi Allah, sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia, dan aku mengetahui, andaikata ia hidup maka pasti bersedekah. Apakah jika saya bersedekah berguna untuknya?” Beliau menjawab: “Ya.” Kemudian ia bertanya kepada Nabi: “Sedekah apa yang paling bermanfaat, ya Rasulullah? Beliau menjawab: “Air.” lalu ia membuat sumur, dan beliau bersabda: “Ini untuk ibu Sa’ad.” (HR. Imam Muslim)

ان النبي صلى الله وسلم ضحى بكبشين ولما ذبح الثاني قال اللهم هذا عن من لم يضح من امتى
“Sesungguhnya Nabi Shalallahu Alaihi WaAlihi Wa Shahbihi Wasalam menyembelih kurban dua ekor kambing. Dan ketika beliau menyembelih kambing kedua, beliau bersabda: Ya Allah, ini untuk umatku yang belum berkurban.” Di dalam hadits di atas terdapat dalil, bahwa man­faat kurban yang dilakukan oleh Nabi Shalallahu Alaihi WaAlihi Wa Shahbihi Wasalam dapat diperoleh oleh umat Islam, baik yang hidup atau yang telah meninggal dunia. Apabila tidak ada manfaat untuk mereka, maka tidak ada faedahnya hadits tersebut.

Sumber : Tanya Jawab Akidah Ahlussunnah wal Jamaah Karya Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Smith Al-Alawi Al-Husaini

Facebook

Spotify

Youtube Channel