BIOGRAFI K.H Tubagus Muhammad Falak




KH. Tubagus Muhammad Falak yang memiliki nama kecil Muhammad merupakan salah seorang kiai yang dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan pesantren dan kemudian dikenal luas oleh kalangan masyarakat sebagai pemimpin rohani dalam gerakan sufi sebagai mursyid Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah yang mengambil ijazah langsung dari Syekh Abdul Karim Banten.

KH Tubagus Muhammad Falak yang juga dikenal dengan sebutan Mama Falak Pagentongan ini dilahirkan pada tahun 1842 di Sabi, Pandeglang Banten. Kata "Mama" merupakan istilah bahasa Sunda yang biasanya disematkan kepada Ajengan atau Kiai sehingga sebutannya menjadi Mama Ajengan atau Mama Kiai. Sementara Pagentongan adalah sebuah kampung yang ada di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

Sejak kecil, ia mendapatkan pendidikan agama Islam dari orang tuanya. Ayahnya KH.Tubagus Abbas adalah kiai pemimpin pesantren yang hidup dari hasil bertani dan sangat aktif dalam melakukan kegiatan dakwah dan syiar Islam di daerah Pandeglang dan sekitarnya bersama isterinya, Ratu Quraisyn.

Secara garis kuturunan, KH Tubagus Muhammad Falak tidak saja berasal dari keturunan kiai pesantren, tetapi juga keturunan dari keluarga kesultanan Banten melalui ayah dan ibunya.

Dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga pesantren di Sabi, Pandeglang Banten menjadi awal yang sangat berpengaruh dalam perjalanan hidup beliau. Suasana keagamaan serta bimbingan agama Islam yang diberikan oleh orangtuanya semasa kecil sangat mempengaruhi pembentukan karakter dan semangat KH. Tubagus Muhammad Falak untuk menuntut ilmu pengetahuan agama Islam serta mengamalkan ilmu tersebut demi kepentingan masyarakat luas.

Setelah selesai mempelajari beberapa kitab dalam bidang bahasa, fiqh dan terutama aqidah dari orangtuanya hingga usia 15 tahun, KH. Tubagus Muhammad Falak yang sejak kecil mempelajari Al-Quran ini pernah memperdalam pengetahuan agamanya di Cirebon dan beberapa ulama banten atas anjuran KH. Tubagus Abbas.

Nama "Falak" dibelakang nama beliau adalah merupakan gelar yang diberikan oleh gurunya yaitu Sayyid Affandi Turki seorang ulama besar di Mekkah, dikarenakan kecerdasan dan kemampuan beliau KH. Tubagus Muhammad Falak dalam menguasai ilmu falak, Maka dikenalah beliau oleh orang-orang banyak dengan sebuatan KH.Falak Bogor


Facebook

Spotify

Youtube Channel