Sejarah Imam Al-Ghazali

Muhammad bin Muhammad Abu Hamid Beliau lahir pada tahun 450 H. Beliau mempelajari ilmu fiqih kepada Imam Haramain. Beliau mahir dengan banyak ilmu. Beliau mempunyai banyak karangan dari berbagai disiplin ilmu. Maka beliau termasuk salah seorang cendekiawan dunia disetiap apa yang dibahas.

Beliau sudah menjadi pemimpin sejak usia muda, dimana beliau mengajar di An-Nidhamiyyah di Baghdad dalam usia beliau 34 tahun, dan dihadiri pembesar-pembesar ulama. Diantara yang hadir ialah lbn Aqil dan Abul Khaththab yang mana keduanya adalah pembesar madzhab Hanbali. Mereka takjub dengan kefasihan dan pengetahuan beliau.

Beliau pindah ke Syam, dan beliau mukim disana. Dan (beliau juga mukim) di Baitul Maqdis dalam satu masa. Beliau mengarang kitabnya Ihya' Ulumiddin dalam masa ini. Ihya adalah sebuah kitab yang mengagumkan. Kitab tersebut memuat ilmu syara' yang bermacam-macam, dicampur dengan hal-hal yang lembut dari tasawwuf dan amaliyah hati, akan tetapi didalam Ihya terhadapat banyak hadits yang gharib, munkar bahkan diantaranya ada yang maudhu' sebagaimana ditemukan didalam kitab lainnya dari kitab-kitab Furu' yang mana hadits-hadits tersebut dijadikan sebagai dalil untuk halal dan haram. Kitab yang dikarang untuk RAQAA'IQ (menghaluskan hati) TARGHIB (menyemangatkan) dan TARHIB (menjadikan takut) adalah perkara yang lebih dipermudah dari yang lainnya.

Kemudian beliau pulang ke negaranya, Thus. Dan beliau mukim disana. Beliau membangun ribath. Beliau membuat rumah yang bagus. Beliau disana membikin taman yang indah, Beliau menetapi/menekuni tilawatil Quran dan menghafal hadits-hadits shahih. Dan Beliau wafat pada hari Senin tanggal 24 Hijriyah bulan Jumadil akhir tahun 505 H. Beliau dimakamkan di Thus, semoga Allah Ta'ala merahmati beliau, Sebagian kawan beliau memintanya, dalam keadaan beliau masih naza', dia berkata: Wasiatilah aku, maka beliau berkata: Tetaplah kamu dengan ikhlas, kalimat tersebut beliau ulang-ulang sampai beliau wafat, Semoga Allah merahmatinya.

Facebook

Spotify

Youtube Channel