Mengenai Kaum Khawarij

Telah mengabarkan kepada kami Abdushamad dan Yunus, keduanya berkata;

telah mengabarkan kepada kami Hammad yaitu Ibnu Salamah dari Al Azraq bin Qais bahwa Syarik bin Syihab berkata;

-berkata Yunus Al Haritsi; inilah hadits Abdushamad berkata;

"Duhh sekiranya aku mendapat seorang dari sahabat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasalam menceritakan hadits dari seorang Khawarij."

la berkata; Lalu aku menemui Abu Barzah seorang sahabat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasalam, aku bertanya; "Ceritakanlah padaku sesuatu yang pernah engkau dengar dari Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam tentang orang Khawarij!."

la berkata; "Akan aku ceritakan apa yang aku saksikan dengan kepalaku dan aku dengar sendiri dari Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam, bahwa pernah Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam mendapatkan beberapa uang dinar, lalu beliau membagikannya, di situ ada seorang yang berambut sangat lebat atau hitam sedang diantara kedua matanya terdapat bekas sujud, dia mengenakan dua pakaian putih mendatangi Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasalam dari arah sebelah kanan beliau sedang ia tidak mendapat bagian apa-apa seraya berkata; "Hai Muhammad, engkau tidak berlaku adil hari ini." Maka Rasulullah sangat marah sembari bersabda: "Tidak akan kalian dapati seorang yang lebih adil dariku sepeninggalku (beliau ulangi tiga kali).

la berkata; Ada seorang yang datang dari arah timur ia bercirikan seperti ini; ia membaca Al Qur'an tetapi tidak melebihi kerongkongannya, ia melepaskan agama ini sebagaimana anak panah lepas dari busurnya lalu tidak kembali, ia berkepala botak, ia akan selalu muncul hingga Dajjal pun datang, maka apabila kalian bertemu dengan mereka maka bunuhlah!, karena mereka adalah seburuk-buruk makhluk dan penciptaan."

Telah mengabarkan kepada kami 'Affan telah mengabarkan kepada kami Hammad bin Salamah telah mengabari kami Al Azraq bin Qais dari Syarik bin Syihab berkata; Aku berangan-angan untuk bertemu seorang dari sahabat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasalam yang dapat menerangkan padaku tentang khawarij, lalu aku bertemu dengan Abu Barzah di hari Arafah di antara beberapa orang sahabatnya, lalu ia sebutkan hadits tersebut. (HR Ahmad)

Facebook

Spotify

Youtube Channel