Wafatnya Ulama Adalah Musibah

Rasulullah menegaskan ulama sebagai penerusnya, juga menegaskan wafatnya para ulama sebagai musibah.

Dalam Kitab Tanqih Al-Qaul Imam Al-Hafizh Jalaluddin bin Abdurrahman bin Abu Bakar As-Suyuthi menuliskan dalam kitabnya sebuah hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam "Barangsiapa yang tidak sedih dengan kematian ulama maka dia adalah munafik"

Menagislah karena meninggalnya seorang ulama adalah sebuah perkara yang besar di sisi Allah. Sebuah perkara yang akan mendatangkan konsekuensi bagi kita yang ditinggalkan jika kita ternyata bukan orang-orang yang senantisa mendengar petuah mereka. Menangislah jika kita ternyata selama ini belum ada rasa cinta di hati kita kepada para ulama.

Wafatnya Ulama Adalah Hilangnya limu. Umat manusia dapat hidup bersama para ulama adalah sebagian nikmat yang agung selama di dunia. Semasa ulama hidup, kita dapat mencari ilmu kepada mereka, memetik hikmah, mengambil keteladanan dan sebagainya. Sebaliknya, ketika ulama wafat, maka hilanglah semua nikmat itu.

Hal inilah yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, "Ambilah (Pelajarilah) ilmu sebelum ilmu pergi!

Sahabat bertanya: Wahai Nabiyullah, bagaimana mungkin ilmu bisa pergi (hilang)?"

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Perginya ilmu adalah dengan perginya (wafatnya) orang-orang yang membawa ilmu (ulama)"
(HR Ad-Darimi, At-Thabrani No 7831 dari Abu Umamah).

Wafatnya ulama juga memiliki dampak sangat besar, diantaranya munculnya pemimpin baru yang tidak mengerti tentang agama sehinga dapat menyesatkan umat, sebagaimana dalam hadits sahih.

"Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dari hambanya, tetapi mencabut ilmu dengan mencabut para ulama. Sehingga ketika Allah tidak menyisakan satu ulama, maka manusia mengangkat pemimpin-pemimpin bodoh, mereka ditanya kemudian memberi fatwa tanpa ilmu, maka mereka sesat dan menyesatkan"

(HR al-Bukhari No 100)

Facebook

Spotify

Youtube Channel