Sabda Rasulullah Dan Perkataan Imam Syafi'i

Berkata Imam As-Syafi'i;

Tidak ada seorang-pun dari muslimin yang selalu taat kepada ALLAH SWT tanpa berma'siat sama sekali, begitu-pun tidak ada seorang-pun yang berma'siat kepada ALLAH SWT tanpa mentaati-Nya sama sekali... maka barang-siapa yang ketaatannya lebih besar daripada kema'siatannya maka dia-lah orang yang adil.

Diriwayatkan, ada seseorang yang memuji orang lain dihadapan Nabi SAW, ketika besok harinya,dia justru mencacinya, maka Rasul SAW bersabda; Engkau yang kemarin memujinya sekarang mencacinya?!

Orang tersebut menjawab; Demi ALLAH SWT, kemarin aku telah sungguh-sungguh didalam memujinya dan hari ini-pun aku tidak berbohong, dia telah membuat ridho aku kemarin maka aku-pun memujinya sesuai dengan yang aku lihat dan hari ini dia telah membuat aku marah, maka aku ucapkan kepadanya begitu jeleknya yang aku lihat padanya.

Maka Nabi SAW bersabda; sesungguhnya didalam perkataan yang apa adanya itu bagaikan sihir.

meriwayatkan At-Thabrani dan Al-Hakim, dan 2 sahabat tersebut adalah Az-Zabarkhoon bin Badr dan 'Amr bin Al-Ahtam.

Facebook

Spotify

Youtube Channel