Anjuran Mengikuti Thariqah


SYARIAH adalah SAMUDERA dan THARIQAH adalah sebuah KAPAL.

Ketika engkau berlayar didalam kapal menempuh Samudera maka kau bisa MENCAPAI pantai diseberang sana - PANTAI KEBENARAN, PANTAI HAKIKAT.

Tanpa adanya samudera sebuah kapal tidaklah bisa berlayar. Demikian juga, apalah artinya sebuah KAPAL jika tanpa adanya SAMUDERA?

Apakah engkau akan membawa beban beratmu itu sendirian?

Tak perlu berenang sendirian ditengah Samudera luas itu. Berenang bukanlah suatu cara yang patut untuk menempuh lautan yang sedemikian luasnya.

Apakah engkau lebih suka untuk berenang dan kemudian tenggelam di lautan luas atau ikut dalam sebuah kapal dan MENCAPAI TUJUAN mu [yakni diantara pilihan untuk menempuh Jalan Ruhaniyyah secara sendirian -yang digambarkan dengan cara berenang menempuh samudera yang luas- atau dengan mengikuti suatu thariqah/tarekat atau Jalan Sufi -yang digambarkan dengan ikut naik kapal- sehingga engkau mencapai TUJUAN KEHIDUPAN kita yakni Maqam Ruhaniyyah kita yang hakiki]. Ikutlah menumpang sebuah kapal [yakni mengikuti suatu thariqah], jika engkau sungguh-sungguh Berhasrat [untuk menempuh Jalan Ruhaniyyah].

MAWLANA SYAIKH NAZIM QS

Facebook

Spotify

Youtube Channel