Sayyid Abdurrahman Al Makhdum (Sunan Makdum)

Sayyid Abdurrahman Al Makhdum
(Sunan Makdum)

Sayyid Abdurrahman Al Makhdum
(Sunan Makdum)
Sunan Makdum dengan nama lengkap Sayyid Abdurrahman Al Makhdum adalah salah seorang ulama berasal Timur Tengah yang telah diberikan mandat dari Khalifah Kerajaan Istanbul Turki. Yaitu Sultan Muhammad ke-1. Sultan Muhammad ke-1 menjadi salah satu raja sangat kaya di antara raja-raja Islam lainnya dengan andil besar dalam penyebaran ajaran Islam Nusantara. Salah satunya ada di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Sunan Makdum telah berdakwah sembari berdagang di Semenanjung Malaya serta di sekitar pulau Sumatera, Madura dan Jawa. Kepada Sultan Muhammad ke-1. Sunan Makdum melaporkan bahwa sebagian penduduk sudah memeluk agama Islam. Tetapi pulau Jawa masih belum banyak sebab masih di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit bagi Jawa di bagian timur. Serta tengah dan Kerajaan Pajajaran untuk kawasan Jawa sebagian barat.

Sunan Makdum merupakan seorang ulama yang gigih untuk menyebarkan agama Islam di Nusantara. Karenanya, Sunan Makdum banyak memiliki pengikut dan murid. Setelah misinya menyebarkan agama Islam di kawasan Pasai dirasa cukup. Sunan Makdum atau lebih dikenal Sayyid Abdurrahman pergi ke Pati sampai akhir hayat serta jasadnya dimakamkan di Desa Parenggan, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati yang kini berada di sekitar Jalan Dr. Susanto Pati.

Facebook

Spotify

Youtube Channel