Kisah Kitab Maulid Adhiya'ullami

Adhiya'ullami yang berarti cahaya yang terang benderang merupakan maulid yang dikarang oleh Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz pada tahun 1994 di kota Syihir dekat kota Mukalla Yaman. Habib Umar bin Hafidz malam itu memanggil seorang muridnya lalu diperintahkan membawa pena dan kertas seraya Habib Umar berkata "tulis" Maulid Adhiya'ullami mulai sepertiga malam dan sebelum waktu subuh telah selesai.

Habib Umar bin Hafidz punya keahlian bahasa yang dipadu dengan kekuatan ruh yang dipadu dengan kedalaman syariah yang mendalam dari ribuan syair yang ditulis oleh Habib Umar bin Hafidz diantaranya Maulid Adhiya'ullami.

Maulid Adhiya'ullami penuh dengan seluruh sejarah Nabi SAW, masa lahir, tanggal lahir, bulan, tahun, jumlah peperangan, perjuangan makkah, perjuangan madinah, usia, jumlah ahlul Badr yang wafat, tahun perang Badr, tanggal, bulan, dan juga ratusan sejarah lain yang terjadi dimasa Nabi SAW.

Hal ini dalam kekeramatan Aulia disebut Warad, semacam ilham tapi dari keahlian manusia yang dipadu Allah makna kecil menjadi diperluas ini juga disebut ladunniy. Hal inilah yang membuat Maulid Adhiya'ullami sangat mulia karena angka-angkanya pun menuliskan sejarah Nabi SAW seperti bait-bait shalawat pembukanya berjumlah 12 yang melambangkan kelahiran Nabi SAW yang lahir tanggal 12 Rabiul awal.

Lalu pasal pertamanya dipadu dari 3 surah, yaitu surah Al Fath, surah At Taubah dan surah Al Ahzab, 3 surah ini melambangkan kelahiran Nabi SAW adalah pada bulan ke 3 yaitu Rabiul awal dan bila dihitung baitnya dari pasal pertama sampai Qiyam jumlahnya 63 yaitu melambangkan usia Nabi Muhammad SAW.

Ketika seorang terpercaya bertanya di Madinah kepada Habib Umar bin Hafidz, "wahai guru mulia kapan Madinah ini akan membaca maulid besar besaran? Habib Umar menjawab, "aku dan engkau akan hidup saat pembacaan Maulid agung di Masjid Nabawiy dan Masjid Al Aqsha" Wallahu'alam..


Facebook

Spotify

Youtube Channel