Manaqib Al-Imam Al-Qutub Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih Al-Alawy

Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih dilahirkan di kota Tarim, Hadramaut pada hari selasa 15 Safar tahun 1316 H / 5 Juli 1898. Tanda-tanda kebesaran telah nampak sejak dalam kandungan ibundanya.

Menjelang lahir ayahanda beliau yang bernama Al-Allamah Al-Habib Ahmad bin Muhammad Bilfaqih mendapat suatu isyarat dari sahabat beliau Al-Habib Syaikhon bin Hasyim Assegaf, bahwasanya beliau bermimpi tentang Al-Habib Ahmad yang mendapatkan amanat berupa kitab suci Al-Qur'an dari Sulthonul Aulia' Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani .

Dan Habib Ahmad mengetahui bahwa ini adalah pertanda akan lahirnya seorang bayi yang akan menjadi orang besar maka dari itu ayah beliau menamai anaknya Abdul Qodir dengan harapan ilmu dan maqomnya akan seperti Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani.

Semenjak kecil beliau adalah seorang yang sangat rajin dan tekun dalam mencari ilmu, sehingga walaupun masih anak-anak beliau Al-Habib Abdul Qodir ini telah menghafal Al-Qur'an.

Pada masa mudanya beliau Al-Habib Abdul Qodir menaruh perhatian yang sangat serius terhadap ilmu, dan menaruh penghormatan yang tinggi terhadap guru-guru beliau, sehingga walaupun belum mencapai umur 20 beliau telah dipercaya oleh Guru-guru beliau untuk memberikan fatwa, inilah kelebihan dan anugerah yang diberikan Allah SWT kepada hambanya.

Tidaklah berlebihan apabila salah satu guru beliau Al-Habib Alwi bin Abdullah bin Syihab mengatakan:

"Marga Bilfaqih dalam bidang ilmu Fiqih bagai Imam Adzro'i dan dalam ilmu tasawuf dan sastra bagiakan lautan yang tak bertepi"

kemudian Al-Imam Habib Abdul Qodir hijrah meninggalkan kota kelahirannya Tarim atas perintah Gurunya guna menyebar luaskan ilmu dan dalam rangka da'wah islamiyyah selaku penerus kakek-kakek beliau dan penerus salafunash sholeh.

Sebelum meninggalkan kota Tarim beliau sempat membentuk sebuah organisasi pendidikan sosial Jam'iyatul Ukhuwwah Wal Mu'awanah dan Jam'iyyah An Nasr Wal Fudho'il pada tahun 1919 M.

Selanjutnya beliau menuju Sewun, Aden, Kota Suci Makkah, Madinah, Damaskus, Syria lalu menuju Mesir, Maroko, dan negara-negara di Afrika Barat, Palestina, Pakistan, India, kemudian menuju Singapura, Malaysia, dan terakhir di Indonesia.

Perjalanan beliau adalah perjalan mulia dan dengan niat yang mulia pula, maka pada tahun 1930 M / 1315 H Al-Imam Al-Habib Abdul Qodir diangkat menjadi direktur Al-Khoiriyyah Surabaya. Di tahun itu pula beliau melaksanakan ibadah haji dan ziarah ke makam suci Baginda Rasulullah SAW bersama dengan Al-Habib Ja'far bin Syaikhon Assegaf.

Beliau mempergunakan kesempatan ini untuk saling memberi dan menerima ijazah-ijazah serta saling tukar menukar isnad dan silsilah hadits dari ulama-ulama di kedua kota suci tersebut.

Pada saat berziarah di makam suci beliau memohon kepada Allah SWT agar dikaruniai seorang putra yang alim dan ahli dalam ilmu hadits, kemudian beliau mendengar sebuah hatif sebagai tanda bahwa permohonannya dikabulkan dan setahun kemudian beliau benar-benar mendapat seorang putra yang kelak juga menjadi seorang ulama yang hebat yaitu Al-Habib Abdullah bin Abdulqadir Bilfaqih.

Pada tahun 1358 H / 1938 M di kota Solo Jawa Tengah beliau mendirikan Madrasah Ar-Robithoh dan pada tahun 1364 H / 1945 M beliau juga mendirikan pesantren Darul Hadits Al-Faqihiyah Li Ahlis Sunnah Wal Jamaah di kota Malang.

selanjutnya beliapun pernah menjabat sebagai dosen IKIP, kemudian pada tahun 1960 beliau menjabat sebagai dosen dalam ilmu tafsir Al-Qur'an di Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang, selain itu pada tahun 1961 M beliau diangkat sebagai Adviser Menteri Penghubung Alim Ulama' Republik Indonesia.

Kehidupan Al-Habib Abdul Qodir sepenuhnya dicurahkan untuk perjuangan agama, menyebar luaskan ilmu serta mencetakn kader-kader Islam yang militan, disamping itu beliau juga berjasa dalam membantu perjuagan Indonesia merdeka pada masa kependudukan Belanda maupun jepang.

Jasa Al-Imam Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih ini sangatlah besar sehingga tidak dapat diuntai dengan ribuan kata, dan teramat mulia apa yang telah beliau curahkan bagi Islam dan kaum muslimin. Sungguh sesuai dengan kenyataan apa yang pernah beliau katakan bahwa hidupnya telah diwakafkan bagi Allah SWT dan Rasul-Nya SAW.

Dan pada masa itu para guru beliau memberikan banyak sekali gelar-gelar kehormatan kepada beliau antara lain, Al-Habr, Al-Quthub,Muhyiddin Was Sunnah, Hujjatul Islam, Syaikhus Syari'ah Wat Thoriqoh, Imamul 'Aimmah, Wahidud Dahri dan lain-lain.

Diantara Guru-Guru Beliau:
Al-Imam Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih adalah seorang yang menguasai ilmu agama yang sangat tinggi, dan beliau adalah seorang Waliyullah yang teramat dekat dengan Tuhannya. Sangat banyak sekali karomah-karomah yang terjadi dan disaksikan oleh para santri beliau. Dan salah satu karomah terbesar yang beliau miliki adalah perjumpaannya dengan Datuknya yaitu Baginda Rasulullah SAW, secara yaqodzoh lebih dari dua ratus kali. Dan kemuliaan itu tidak akan tercapai tanpa adanya bimbingan dari guru-guru beliau. Maka berikut adalah guru belia:

1. Al-Imam Al-Allamah Al-Habib Abdullah bin Umar Asy-Syatiri (Hadramaut)
2. Al-Imam Al-Allamah Al-Habib Ali bin Zain Al-Hadi (Hadramaut)
3. Al-Imam Al-Allamah Al-Habib Ali bin Abdurrahman Al-Masyhur (Hadramaut)
4. Al-Imam Al-Allamah Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf (Hadramaut)
5. Al-Imam Al-Allamah Al-Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhor (Hadramaut)
6. Asy-Syaikhul Imam Segaf bin Hasan Al-Idrus (Hadramaut)
7. Asy-Syaikhul Imam Muhammad bin Abdul Qadir Al-Kattany (Hadramaut)
8. Asy-Syaikhul Imam Umar bin Hamdan Al-Maghroby (Mekah)
9. Dan Lain-lain.


Keutamaan Al-Imam Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih
Sungguh tak dapat diungkapkan walau dengan ribuan kalimat untuk menulis keutamaan-keutamaan yang dimiliki Al-Imam Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih. Dan beberapa kemuliaan beliau adalah:

1. Al-Imam Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih adalah seorang yang menguasai ilmu syariat, thoriqoh dan hakikat. Khusus dalam bidang thoriqoh beliau memegang beberapa macam thoriqoh terutama yang beliau sebar luaskan adalah Thoriqoh Al-Alawiyah Al-Mu'tabaroh dan beliau adalah mursyid dalam thoriqoh tersebut.
2. Semenjak kecil beliau amat menghargai waktu, tiada waktu tanpa bersama ilmu, tiada waktu tanpa ibadah,
3. Beliau Al-Imam Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih adalah seorang Guru, pendidik, dan pembimbing yang teramat besar perhatian dan kasih sayangnya terhadap anak didik,menanamkan disiplin yang tinggi serta pengamalan ajaran.
4. Dimasa hidup jangankan perkara yang haram, perkara yang makruh pun beliau tidak mau melakukannya.
5. Beliau selalu menasehati para muridnya agar memiliki pendirian yang kokoh dan kuat kapanpun dan dimanapun, tidak mudah terpengaruh gejolak zaman seperti halnya yang pernah disabdakan oleh Baginda Rasulullah SAW yaitu "Seorang mu'min tidak mudah digoncang angin badai (sikon zaman)"
6.Akhlak dan budi pekerti Almarhum tidak diragukan lagi, baik dikalangan anak didik maupun yang mengenal pribadi Al-Imam Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih, betapa luhur dan tingginya akhlak yang dimiliki oleh beliau. Suatu saat pernah beliau berkata "Seandainya mungkin aku berjalan dibawah bumi maka akan aku lakukan."

Demikianlah sekelumit ringkasan manaqib Al-Imam Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih Al-Alawy.

Facebook

Spotify

Youtube Channel