Do'a Ampunan Bagi Keluarga & Do'a Agar Terlepas Dari Kesulitan & Do'a Nabi Ibrahim A.S Ketika menempatkan Nabi Ismail A.S di Mekkah

Do'a Ampunan Bagi Keluarga

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

RABBANAGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WALIL MU'MINIINA YAUMA YAQUUMUL HISAABU
Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mu'min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).
(Qs. Ibrahim: 41)

Penjelasan:
Ayat ini merupakan doa yang baik sekali dibaca dalam berbagai waktu dan kesempatan, agar diri kita dan seluruh keluarga serta keturunan kita senantiasa taat dan rajin beribadah kepada Allah SWT. Khususnya ibadah sholat wajib.

Do'a Agar Terlepas Dari Kesulitan

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

LAA ILAAHA ILLA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINADH DHAALIMIINA
Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sungguh aku adalah termasuk orang-orang yang dhalim.
(Qs. Al-Anbiya: 87)

Penjelasan:
Seperti tertuangan dalam Al-Qur'an surat Al-Anbiya ayat 87-88 yang berkisah tentang Nabi Yunus yang pernah membaca doa ini sebagai bentuk penyesalan atas kelancangannya meninggalkan dakwah. Ia merasa berat menghadapi kaumnya yang membangkang, hingga kemudian ia tinggalkan. Maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap "Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang dhalim". Maka Kami kabulkan doanya dan Kami selamatkan dia dari kedukaan. Dan demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman. Doa ini hendaknya agar dibaca pada setiap waktu dan kesempatan, agar dihindarkan dari rasa frustasi dalam menghadapi perjuangan hidup dan senantiasa agar diberikan kemudahan dalam menjalankan segala ujian dari Allah SWT.

Do'a Nabi Ibrahim A.S Ketika menempatkan Nabi Ismail A.S di Mekkah

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

RABBIJ'ALNI MUQIIMASH-SHALAATI WAMIN DZURRIYYATII RABBANAA WATAQABBAL DU'AA
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap melaksanakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.
(Qs. Ibrahim: 40)

Penjelasan:
Pada ayat ini dilukiskan lagi pernyataan syukur Ibrahim pada Allah atas segala rahmat-Nya itu, ia bertambah tunduk dan patuh kepada Allah, ia berdoa agar Allah menjadikan keturunannya selalu mengerjakan sholat, tidak pernah lalai mengerjakannya sedikitpun, sempurna rukun-rukun dan syarat-syaratnya, sempurna pula hendaknya mengerjakan sunnah-sunnahnya serta penuh ketundukan dan kekhusyukan. Dalam ayat ini Ibrahim a.s. berdoa agar keturunannya selalu mengerjakan sholat karena sholat itu adalah pembeda antara mukmin dan kafir dan merupakan pokok ibadah yang diperintahkan Allah. Orang yang selalu mengerjakan sholat akan mudah baginya mengerjakan ibadah-ibadah lain, demikian pula dapat mengerjakan amal-amal sholeh. Dalam pada itu sholat dapat menyucikan jiwa dan raga, karena sholat itu dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan perbuatan mungkar.

Facebook

Spotify

Youtube Channel